Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Panitia PKA-8 siapkan 5 ribu porsi kuah beulangong

Panitia PKA-8 siapkan 5 ribu porsi kuah beulangong
Panitia PKA ke-8 siapkan 41 kuali untuk memasak kuah beulangong di Blang Padang, Banda Aceh, Minggu (5/11/2023). FOTO : Humas Aceh

POPULARITAS.COM – Untuk meriahkan PKA ke-8, panitia siapkan 5 ribu porsi kuah beulangong. Masyarakat dapat nikmati sajian tersebut pada Minggu (5/11/2023).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almunizal Kamal, dalam keterangannya, Minggu (5/11/2023) mengatakan, untuk menyajikan 5 ribu porsi kuah beulangong itu, panitia memasak daging sebanyak 41 buah beulangong. Pelaksanaannya di langsungkan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

“Totalnya 41 beulangong, kalau dibilang porsinya bisa sekitar 5000-an,” ujar Almunizal.

Ia menjelaskan, ada tiga menu kuah beulangong yang disiapkan panitia dalam kenduri tersebut, seperti nangka muda hingga batang pisang.

“Jadi ada tiga menu yang disiapkan, seperti bak (batang) pisang, pisang muda sama nangka muda,” jelasnya.

Kenduri Kuah Beulangong ini pun terbuka untuk umum. Dirinya berharap, masyarakat bisa hadir untuk memeriahkan kenduri.

“Lokasinya di Blang Padang dan terbuka untuk umum. Acara dimulai dari pukul 08.00 WIB,” sebutnya.

Selain Kenduri Kuah Beulangong, rangkaian PKA ke-8 juga ada Pawai Budaya dari 23 kabupaten/kota di Aceh yang dimaksudkan di Museum Tsunami Aceh.

“Selain Kenduri Kuah Beulangong, juga ada acara Pawai Budaya dari 23 kabupaten/kota,” katanya.

Kemudian, juga ada Pawai Kapal Hias di Krueng Aceh. Upacara pembukaan akan berlangsung di depan warung kopi Solong Tepi Kali.

Pawai Kapal Hias ini akan dilepas secara simbolis oleh Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal yang dimulai pada pukul 14.30 WIB.

Para peserta Pawai Kapal Hias akan melewati rute di depan Makodam Iskandar Muda (IM). Di sana, peserta pawai akan disambut Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki serta forkopimda lainnya.

Editor : Hendro Saky

Shares: