NewsPolitik

Panwaslih Aceh minta politisi tak curi start kampanye

Koordinator Divisi Pengawasan dan pencegahan Panwaslih Aceh, Marini. Foto: Riska Z/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh meminta politisi bakal calon DPR maupun DPD RI pada Pemilu 2024 mendatang untuk menahan diri agar tak melakukan berbagai bentuk kampanye, mengingat belum dimulainya tahapan tersebut.

Koordinator Divisi Pengawasan dan pencegahan Panwaslih Aceh, Marini mengatakan kampanye tak dapat dilakukan lebih cepat dari yang seharusnya. Apalagi dilakukan saat bulan suci Ramadhan seperti ini.

Sementara bagi bakal calon DPR maupun DPD RI, menurutnya itu masih sebatas bakal calon belum tentu menjadi calon, untuk itu pihaknya dapat menahan diri terlebih dahulu.

“Jika ingin berbagi mengapa harus dilakukan sekarang, mengapa tidak dari kemarin, oleh karenanya tidak dapat dilakukan dulu sebelum tahapan-tahapannya dilakukan,” kata Marini, Kamis (30/3/2023).

Kata Marini, saat ini pihak partai dan bakal calon hanya bisa mensosialisasikan partainya tanpa menyebutkan harus memilih partai itu. Bahkan Panwaslih Aceh juga telah menyurati seluruh parpol untuk tidak melakukan kampanye lebih cepat dari ketentuan.

Setiap kampanye yang dilakukan, lanjut Marini harus merujuk pada logo partai, nomor hingga visi misi yang disampaikan setiap parpol maupun bakal calon DPD maupun DPR RI.

Namun, menanggapi hal tersebut pihaknya belum dapat menindak terhadap bakal calon yang telah menyebarkan spanduk-spanduk maupun imsakiyah di bulan Ramadhan.

“Kalau kita menindaknya kita harus pastikan dulu itu alat peraga kampanye (APK) atau tidak. Karena jika tidak ada artinya kita hanya bisa mengimbau orang-orang tersebut,” katanya.

Shares: