EkonomiNews

Pasca Lebaran, Harga Cabai Turun di Aceh Besar

Harga cabai merah di Aceh turun jadi Rp60 ribu per kilogram
Cabai.

ACEH BESAR (popularitas.com) – Harga cabai merah di pasar tradisional Lambaro Kabupaten Aceh Besar pasca lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah yakni Rp25 ribu per kilogram atau turun Rp10 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp35 ribu per kilogram.

“Jika dibandingkan dengan harga cabai pada hari meugang (hari pemotongan hewan kurban) harga cabai merah berkisar pada angka Rp35 ribu per kilogram menyusul tingginya permintaan pada hari tersebut,” kata pedagang Pasar Lambaro, Ramli di Aceh Besar, Kamis, 28 Mei 2020.

Ia menjelaskan penurunan harga cabai yang terjadi usai lebaran menyusul minimnya permintaan masyarakat sementara pasokan komoditas tersebut dari daerah penghasil mencukupi.

Menurut dia aktivitas jual beli di pasar Induk Lambaro Aceh Besar belum berjalan maksimal dan sampai saat ini masih ada pedagang yang masih belum berjualan hingga lebaran ke lima “Kemungkinan kondisi pasar akan kembali normal pada awal Juni ini, karena saat ini masih dalam suasana lebaran,” katanya.

Selain cabai, ada beberapa komoditas lainnya yang mengalami penurunan harga masing-masing cabai hijau yakni dari Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp18 ribu per kilogram, cabai rawit dari sebelumnya Rp40 ribu per kilogram menjadi Rp30 ribu per kilogram.

Pedagang lain Amir mengatakan, saat ini harga bawang merah juga masih bertahan di kisaran harga Rp40 ribu sampai Rp55 ribu per kilogram tergantung kualitas dari komoditas tersebut.

Ia menjelaskan harga bawang merah yang dijual ditempatnya bervariasi, jika bawang merah dengan kualitas kurang bagus atau basah maka dijual Rp45 ribu per kilogram sedangkan bawang merah kering atau dengan kualitas yang bagus Rp55 ribu per kilogram.

“Barang dari Medan belum banyak masuk, karena permintaan dari pedagang masih terbatas sehingga mobil angkutan menunda sementara. Mereka akan berangkat saat muatannya mencapai delapan sampai 10 ton bawang merah,” katanya. (ANT)

Shares: