News

Pasien Covid-19 yang Sembuh Meningkat, Satgas Ingatkan Prokes Jangan Kendor

Sebuah kalimat penyemangat tertulis di hazmat salah satu tenaga kesehatan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (26/1/2021). - Antara

POPULARITAS.COM – Satgas Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan penambahan 287 pasien terinfeksi virus corona yang dinyatakan sembuh di provinsi itu, dan paling banyak warga Aceh Besar dan Banda Aceh.

“Pasien sembuh dari COVID-19 di Aceh bertambah 287 orang. Paling banyak warga Aceh Besar sebanyak 82 orang dan Banda Aceh 97 orang,” kata Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Senin (23/8/2021).

Dia menyebutkan selain Banda Aceh dan Aceh Besar, pasien sembuh juga bertambah di wilayah Aceh Tamiang sebanyak 28 orang, Lhokseumawe 16 orang, Bireuen 14 orang, Sabang 10 orang, Aceh Barat sembilan orang, Aceh Tenggara tujuh orang.

Selanjutnya, warga Gayo Lues dan Pidie enam orang, Pidie Jaya empat orang, Aceh Singkil tiga orang, Aceh Selatan dan Aceh Barat Daya dua orang serta satu orang warga Aceh Timur.

Meski kasus sembuh COVID terus bertambah, Saifullah tetap meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Di samping itu, ia mengajak masyarakat untuk melindungi diri dengan melakukan vaksinasi COVID-19, sebagai upaya mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok di Tanah Rencing itu.

“Protokol kesehatan dan vaksinasi COVID-19 merupakan ikhtiar manusia menghadapi wabah ini, yang disertai dengan doa kepada Allah SWT,” katanya.

Jubir yang akrab disapa SAG itu mengatakan penularan COVID masih terus terjadi di tengah masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan penambahan kasus baru per hari ini mencapai 229 orang, meliputi warga Banda Aceh 63 orang, Aceh Besar 55 orang, Langsa 21 orang, Lhokseumawe 14 orang, serta puluhan orang lainnya tersebar di sejumlah kabupaten/kota.

Sementara pasien COVID-19 yang meninggal dunia juga bertambah 22 orang, yakni warga Pidie delapan orang, Aceh Selatan tiga orang, masing-masing dua orang warga Lhokseumawe, Bireuen, Aceh Singkil, dan Aceh besar. Sementara satu orang warga Aceh Tenggara, Aceh Tengah dan Pidie Jaya.

“Hingga kini secara akumulatif kasus COVID-19 di Aceh sudah mencapai 30.306 orang, di antaranya 1.321 orang meninggal dunia, 22.723 orang telah dinyatakan sembuh dan 6.262 orang masih dalam perawatan atau isolasi mandiri,” katanya.

Shares: