News

Pasien Melahirkan Dibawa dengan Perahu, Ini Penjelasan Puskesmas Pulo Aceh

Ilustrasi. (foto:acehkini)

POPULARITAS.COM – Kepala Puskesmas Pulo Aceh, Misriadi membenarkan bahwa seorang pasien ibu hamil bernama Darmayanti merupakan warga di pulau tersebut. Darmayanti disebut telah melahirkan dengan bantuan bidan di Puskesmas Pulo Aceh.

“Iya itu melahirkan di bidan Puskesmas di Pulo Aceh, cuma retensio plasenta ari-arinya tidak lahir. Kalau ari-arinya tidak lahir, retenso plasenta memang harus rujuk, karena di puskesmas fasiltas kurang,” ujar Misriadi saat dikonfirmasi.

Ia menyampaikan, kondisi bayi yang dilahirkan tersebut dalam kondisi sehat dan dalam perawatan di bidan puskemas. Sementara ibu bayi dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh dengan didampingi oleh dua bidan.

“Dirujuk sekitar pukul 14.30 WIB kemarin dengan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam perjalanan,” sebut Misriadi.

Kata Misriadi, pasien terpaksa dilarikan menggunakan perahu tradisional karena di Pulo Aceh belum memiliki kapal khusus melayani pasien.

“Tetapi ada informasi dari Dinas Kesehatan Aceh Besar, karena kita sudah lama memintanya. Dalam tahun ini kemungkinan katanya bakalan ada ambulans laut. Sedang dalam proses pengadaan ambulans laut,” ucap dia.

Sebelumnya, sebuah video yang menampakkan ibu hamil yang baru siap melahirkan dibawa menggunakan perahu viral di berbagai jejaring media sosial di Aceh sejak dua hari terakhir.

Belakangan diketahui, ibu dalam video tersebut merupakan warga Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar yang hendak dirujuk ke rumah sakit di Kota Banda Aceh.

Video berdurasi 30 detik itu direkam saat pelayaran menggunakan perahu tradisional dari Pulo Aceh menuju Banda Aceh. Dalam video terlihat arus ombak laut ikut menghantam boat tersebut.

Editor: dani

Shares: