EkonomiNews

Pasokan Sedikit, Harga Ikan di Banda Aceh Mahal.

tangkapan nelayan di TPI Lampulo / foto; Fitri Juliana

POPULARITAS.Com – Minimnya pasokan Ikan sepekan ini di TPI Lampuloe Band Aceh, mengakibatkan harga jual ikan lebih mahal dari hari-hari biasanya terutama pada ikan jenis tongkol.

Harga ikan tongkol segar di Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS) Lampulo Banda Aceh yang biasanya hanya Rp15 ribu per kilogram menjadi Rp30 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga disebabkan minimnya pasokan dari nelayan. Dan ini juga disebabkan cuaca kurang baik, sehingga berdampak terhadap harga jual ikan. Kondisi ini terjadi sejak empat hari terakhir,” kata Adnan, penjual ikan Lampulo Banda Aceh, Selasa.

jika hari-hari sebelumnya nelayan mampu memasok tujuh sampai 10 ton tiap minggunya. kini hanya mampu memasok satu hingga dua ton saja.

Hal senada juga disampaikan abubakar, pedagang ikan lainnya. Ia mengatakan kenaikan harga ikan tersebut berdampak pada permintaan ikan segar di pasaran.

ikan dencis dan sisek yang biasanya Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per kilo kini naik jadi Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu di pasar dan penjual keliling.

 

Shares: