News

Pawai Mobil Hias Idul Adha Tetap Berjalan Meskipun Badai?

BANDA ACEH (popularitas.com) – Puluhan mobil hias yang diikutsertakan pada perlombaan dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijrah, tampak terparkir di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Rencananya, mobil hias tersebut akan mengikuti Pawai Takbir Hari Raya Idul Adha yang dilepas langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah malam ini, Sabtu, 10 Agustus 2019.

“Habis isya nanti, kita langsung mulai. Dibuka sama bapak Plt Gubernur di halaman Masjid Raya,” kata Ikram Maula dari Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI).

Dia menjelaskan, jalur yang ditempuh mobil hias meliputi Simpang Kodim 0101 menuju ke Simpang Surabaya, kemudian berbelok ke Simpang Jambotape. Dari Jambotape mobil hias bergerak ke Simpang Lima dan berakhir kembali di halaman depan Masjid Raya Baiturrahman.

Pantauan popularitas.com, berbagai bentuk ornamen menghiasi mobil. Mulai dari bentuk masjid, hingga terdapat ornamen hewan Padang Pasir, Unta.

Ikram mengatakan, sebenarnya lomba mobil hias ini diikuti seluruh kabupaten/kota di Aceh. Namun karena persoalan jarak, kegiatan ini hanya diikuti dari berbagai gampong yang ada di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Partispasi warga dalam rangka merayakan Idul Adha dengan menghias mobil ini, turut diganjar hadiah uang puluhan juta rupiah.

“Total hadiah Rp52 juta. Juara 1 Rp12 juta,” ujarnya.

Saat ini, langit kota Banda Aceh diselimuti awan pekat. Ikram menuturkan, berdasarkan pengalaman tahun lalu, sekalipun dalam kondisi hujan, mobil hias tersebut tetap akan mengikuti pawai.

“Misalnya hanya 10 mobil yang jalan berarti ya 10 aja yang dinilai. Karena nggak mungkin ditunda dia,” pungkasnya. (ASM)

Shares: