News

PB PORA luruskan terkait video temuan belatung pada makanan atlet

PB PORA luruskan terkait video temuan belatung pada makanan atlet
PB PORA XIV saat menggelar konferensi pers di Pidie, Jumat (9/12/2022). Foto: Nurzahri/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Panitia Besar Pekan Olahraga Aceh (PB PORA) ke XIV di Kabupaten Pidie, memastikan menu makanan yang disajikan untuk peserta kontingen event tersebut masih segar.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum (Ketum) PB PORA Pidie, Samsul Azhar dalam konferensi pers, Jumat (9/12/2022), menanggapi viralnya video temuan belatung pada ikan menu makanan atlet event olahraga empat tahunan tingkat provinsi Aceh itu.

“Saat kita periksa, dari bentuk warna dan rasa tidak menunjukkan ikan itu busuk atau berbelatung atau makhluk lainnya,” kata dia.

Menurut Samsul, agak terasa aneh ketika ikan segar baru siap digoreng yang tentunya terlebih dahulu sudah dilakukan tahapan pembersihan tiba-tiba muncul belatung, apalagi jumlahnya hanya satu.

Padahal, tambah dia, sifat belatung itu sendiri hidup secara komunal atau berkelompok tidak tunggal layaknya yang ditemukan pada ikan-ikan busuk pada umumnya.

“Tidak masuk akal ikan goreng yang masih hangat ada belatung, dan tidak bisa menunjukkan bukti sewaktu kita cek ketempat,” jelas Samsul.

Tidak hanya itu, bahkan itu PB PORA sendiri sudah beberapa kali melakukan sidak dapur penyedia konsumsi, namun tidak menemukan hal-hal yang tidak memenuhi standar alih-alih busuk atau berbelatung dalam proses penyajian konsumsi untuk peserta PORA tahun 2022 itu.

Selain itu, katanya, penyedia makanan sudah pernah diwanti-wanti agar menyiapkan menu makanan yang higienis untuk kontingen PORA.

Sementara itu, spesialis gizi dr Ratna Mutia SpGk juga merasa aneh, ikan goreng segar yang bahkan belum mengalami perubahan warna rasa maupun bau terdapat belatung.

Menurut dokter yang bertugas di intalasi gizi di RS Tgk Chik Ditiro Sigli itu, belatung itu tidak hidup pada ikan yang masih segar, apalagi ini yang sudah siap digoreng dengan minyak mendidih.

“Belatung ini biasanya ada di ikan-ikan yang sudah sangat lama dan sudah berbau sehingga mudah didatangi belatung. Dan belatung itu biasanya induknya satu dan akan ada yang lainnya di dalam ikan itu. Tetapi yang ini kan tidak ada. Bahkan ikannya tidak ada perubahan rasa warna dan bau. Kalau ikan tidak segar itu tiga hari saja sudah perubahan warna rasa dan bau,” kata dr Ratna.

Untuk proses masak-memasaknya saja, kata Ratna, dilakukan beberapa jam sebelum jadwal makan, baik pagi, siang maupun malam.

“Jadi agak aneh, kalau ikan baru siap di masak dan kondisinya masih segar ada belatung,” tambahnya.

Ketua Harian PB PORA, Edy Saputra memastikan akan melakukan pemutusan kontrak jika penyedia konsumsi bandel dalam menyajikan makanan untuk kontingen.

“Kami akan mengambillangkah tegas jika penyedia konsumsi bandel,” kata Edy.

Shares: