News

PBB tuntut investigas serangan Israel di RS Al-Ahli Baptist di Gaza

PBB tuntut investigas serangan Israel di RS Al-Ahli Baptist di Gaza
Juru Bicara Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Stephane Dujarric. (ANTARA/un.org)

POPULARITAS.COM – Serangan rudal yang dilakukan Israel terhadap RS Al-Ahli Baptist di Gaza, dapat kutukan keras dari Badan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Bahkan, lembaga dunia itu menuntut dilakukannya investigasi.

Juru Bicara PBB Stephane Dujarric, dalam keterangannya, Kamis (19/10/2023) dilansir laman Antara, mengatakan, investigasi penting dilakukan atas serangan itu agar tidak ada spekulasi di masa depan.

Serangan atas RS Al-Ahli Baptists di Gaza, terjadi pada 17 Oktober 2023, Israel menuding bahwa penyebabnya adalah roket pejuang Hamas yang gagal meledak. 

Namun, dari berbagai rekaman video dan juga pernyataan pihak RS, serangan tersebut dilakukan oleh Israel.

“Sangat penting untuk dilakukan semacam penyelidikan mengenai peristiwa ini,” kata Stephane Dujarric.

Sedikitnya 471 korban tewas dan 342 orang lainnya terluka akibat serangan udara Israel di RS Al-Ahli Baptist di Gaza pada Selasa malam (17/10), kata kementerian kesehatan setempat. Namun, Israel membantah bertanggungjawab atas serangan tersebut.

Konflik terbaru Israel-Palestina dimulai pada 7 Oktober 2023 ketika Hamas meluncurkan “Operasi Badai Al-Aqsa” terhadap Israel.

Dalam serangan mendadak secara bersamaan dari segala arah itu, Hamas menembakkan roket dan menyusup ke Israel melalui darat, laut, dan udara.

Hamas menyebut serangannya itu sebagai balasan atas penyerbuan Israel ke Masjid Al-Aqsa di wilayah pendudukan Yerusalem Timur dan kekerasan yang meningkat terhadap warga Palestina oleh pemukim Israel.

Militer Israel kemudian meluncurkan “Operasi Pedang Besi” di Jalur Gaza dan memblokade penuh kawasan itu sehingga masyarakat setempat tidak mendapatkan akses listrik dan air, sementara air, makanan, bahan bakar, dan pasokan medis hampir habis.

Editor : Hendro Saky

Shares: