News

Pelaku Peretas Running Text Lampu Lalu Lintas di Lhokseumawe Dilapor ke Polisi

POPULARITAS.COM – Kepala Dinas Perhubungan Kota Lhokseumawe Mulyanto akan melaporkan pelaku peretasan running text lampu lalu lintas ke polisi.

“Saya tidak menduga-duga ya, yang jelas ini ada muatan politisnya. karena tindakan yang serius maka akan kita laporkan ke polisi, ini sudah mengganggu keindahan dan ketertiban kota,” kata Mulyanto, Kamis (26/8/2021).

Menurutnya, tindakan ini sudah sangat serius maka harus ditindak. Tak hanya itu tampilan running text itu juga sudah kali kedua terjadi dilakukan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Baca: Running Text Lampu Lalin di Lhokseumawe Diretas, Sebut Walkot Bakal ‘Dijemput KPK’

“Kemarin kami anggap tulisan ‘I Love You Ajid’ hanya iseng –iseng anak muda. Tapi hari ini sudah mengganggu, dan sesuatu yang menjelekan nama baik orang, ditakutkan hal ini dicontoh oleh orang lain,” ujarnya.

Mulyanto, menyebutkan trafight light ini mudah diretas orang sebab sistemnya secara manual, pengendalinya juga bisa diatur di tiang lampu merah.

Oleh sebab itu, agar tak terulang lagi pihaknya akan memprogramkan sistem Area Traffic Control System (ATCS) yaitu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi di setiap persimpangan kota. Selain itu dapat mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas.

“ATCS nanti kontrolnya akan ada di dinas, jadi setiap ada pergerakan yang aneh-aneh kita bisa kontrol oleh petugas di dinas,” ucapnya.

Sebelumnya, Running text lampu merah di Lhokseumawe kembali diretas oleh orang tak dikenal. Ini kedua kali lampu lalu lintas di daerah itu ‘dikerjai’.

Kali ini tulisan pada teks berjalan di trafight light di Kota Lhokseumawe, tepatnya di kawasan lampu merah Bundaran Tugu Simpang Jam, bertuliskan “pak suaidi siap- siap ga lama lagi kami jemput by KPK”.

Amatan Popularitas.com di lokasi, Rabu malam (25/8/2021) sekitar pukul 20.25 WIB. Running text tersebut masih menjadi tontonan pengendara yang melintas, tak hanya itu pengendara yang melihat itu pun ikut mengabadikan tampilan tak biasa pada lampu tersebut.

Seperti hari biasanya, running text menampilkan pesan selamat keselamatan berlalu lintas dan himbauan protokol kesehatan Covid-19.

Editor: dani

Shares: