News

Pembangunan Bandara IKN dipercepat, uji coba ditargetkan Juli 2024

Bandara IKN. Foto: Kemenhub

POPULARITAS.COM – Pemerintah akan mempercepat proses pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan penambahan alat, waktu kerja, serta penyelesaian terkait lahan.

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, usai mengecek progres pembangunan Bandara Nusantara di IKN.

“Pembangunan Bandara Nusantara sejauh ini berjalan dengan baik. Juli 2024 diperkirakan sudah selesai untuk kita uji cobakan,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (25/1/2024).

Menhub mengungkapkan, mulai Januari hingga Juli 2024 mendatang akan dilakukan pekerjaan konstruksi dan persiapan operasi.

Bandara Nusantara merupakan bandara yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di IKN.

Bandara yang berjarak 23 KM dari titik 0 IKN, dan 120 km dari Balikpapan ini mempunyai luas terminal 7.350 m2 dan luas area bandara 347 ha.

Bandara Nusantara memiliki panjang runway 3.000 meter dan lebar 45 meter yang dapat didarati pesawat berbadan besar seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

Selepas mengecek bandara, Menhub juga meninjau bakal lokasi pembangunan Kereta Otonom atau Automated Rail Transit (ART) di IKN.

“Kereta otonom atau ART nanti akan berada di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur. Ditargetkan pada bulan Agustus sudah bisa kita gunakan sebagian rutenya,” jelas Menhub.

Pembangunan rute ART akan dilakukan dalam dua fase. Untuk satu set kereta terdiri dari dua gerbong, berkapasitas total 324 penumpang. ART berkecepatan operasional 40 km/jam dan berkecepatan maksimal 70 km/jam.

Kereta otonom/ART di IKN menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet.

Shares: