News

Pemerintah akan bentuk satgas penanganan Rohingya di Aceh

Pemerintah akan bentuk satgas penanganan Rohingya di Aceh
Pemerintah akan bentuk satgas penanganan Rohingya di Aceh
Ketua Komisi I DPRA, Iskandar Usman Al-Farlaky. Foto: Riska Z/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh dan pemerintah Aceh akan membentuk tim satuan tugas (satgas) untuk menangani kasus etnis Rohingya yang kerap mendarat di wilayah Aceh.

Ketua Komisi I DPRA, Iskandar Usman Al Falaky, mengatakan pembentukan satgas ini bertujuan untuk mempermudahnya komunikasi antar lintas sektoral di Aceh, baik Pemerintah Aceh, Keamanan, IOM, dan UNHCR.

“Selama ini penanganan rohingya di Aceh terpisah-pisah, jadi setelah ada satgas ini akan mudah untuk berkomunikasi untuk penangan etnis Rohingya di Aceh,” kata Iskandar dalam rapat kerja di DPR Aceh, Rabu (4/1/2023).

Menurut Iskandar, wilayah Aceh menjadi tempat yang paling sering disinggahi oleh etnis Rohingya lantaran wilayah tanah Rencong merupakan lokasi terdekat dengan tempat pengungsian mereka.

“Mereka mengalami krisis di wilayah andaman makanya mereka ke Aceh, yang sebelumnya mereka juga mendapatkan perlakuan tak layak di negaranya sehingga mereka mengungsi ke Bangladesh,” ujarnya.

Bahkan, pihak UNHCR pun telah menyampaikan jumlah pengungsi di Bangladesh kian bertambah sehingga kamp penampungan kepenuhan.

“Diperkirakan kurang lebih satu juta pengungsi di tempat penampungan di Bangladesh, sementara di Aceh sudah seribu lebih,” sebutnya.

Oleh karena itu, ia berharap agar satgas ini dapat terbentuk dalam waktu cepat. Bahkan Iskandar juga mendesak pemerintah pusat untuk revisi Perpres agar pemerintah daerah dapat menangani pengungsi Rohingya ini lebih lanjut.

“Satgas harus segera dibentuk dan SK-nya sedang dipelajari oleh Kesbangpol Aceh, dan seluruh lintas sektor mana saja dapat dilibatkan,” imbuhnya.

Shares: