Internasional

Pemerintah Indonesia sampaikan duka cita atas jatuhnya helikopter yang bawa Presiden Iran

Sebelum tewas dalam kecelakaan helikopter, Presiden Iran akan kunjungi Indonesia pada 23 Mei 2024

POPULARITAS.COM – Helikopter yang membawa Presiden Iran Ibrahim Raisi dilaporkan terjatuh di Barat Laut Neara tersebut, Minggu (19/5/2024). Informasi sementara, seluruh penumpang tewas, termasuk Menteri Luar Negteri Amir Abdollahian.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi sampaikan belasungkawa dan keprihatinan atas musibahnya tersebut. Hal itu disampaikan Kemetrian Luar Negri RI lewat pernyataan resminya di akun X. “Teriring doa kami bagi mereka dan seluruh rakyat Iran,” kata Kementerian Luar Negeri RI.

Menurut kantor berita IRNA, tim penyelamat darurat telah tiba di lokasi jatuhnya helikopter tersebut namun operasi penyelamatan diperkirakan memakan waktu akibat cuaca buruk.

Kecelakaan helikopter itu terjadi dalam konvoi Presiden Raisi untuk menghadiri peresmian bendungan di perbatasan, bersama Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev.

Televisi pemerintah Iran juga melaporkan helikopter yang membawa Raisi melakukan pendaratan darurat, dan sejumlah tim pertolongan pertama telah menuju lokasi kecelakaan.

Sebelumnya, Gubernur Azerbaijan Timur Iran mengatakan pihaknya belum bisa memberikan informasi mengenai kemungkinan adanya korban jiwa atau cedera terkait dengan kecelakaan helikopter yang membawa Presiden Raisi. Laporan media Iran menyebutkan ada tiga helikopter yang ikut dalam konvoi kunjungan Presiden Raisi.

Shares: