Internasional

Sekjen PBB : Kami tak kuasa hentikan serangan Israel di Gaza

Sekjen PBB : Kami tak kuasa hentikan serangan Israel di Gaza
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi (kiri) bertemu Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres (kanan) dalam pertemuan Komite Menlu Liga Arab-OKI dan Sekjen PBB di Jenewa, Swiss, pada Senin (26/2/2024). (ANTARA/HO-akun X @Menlu_RI)

POPULARITAS.COM – Sekjen PPB Antonio Guterres mengatakan bahwa, saat ini badan perdamaian dunia yang Ia pimpin tak kuasa hentikan serangan Israel di Gaza. Karnanya, dia minta mereka yang berkuasa menghentikan perang tersebut untuk melakukannya.

“Anda bisa melihat begitu banyak orang terbunuh, tapi kami (PBB) tak punya kekuatan untuk menghentikan perang di Gaza,” katanya dikutip dari Antara, Minggu (24/3/2024).

Dia mengimbau siapapun negara yang punya kekuatan dan berkuasa untuk menghentikan perang di Gaza, untuk segera melakukannya.

Sekjen PBB mengunjungi penyeberangan Rafah, antara Gaza dan Mesir, sebagai bagian dari “perjalanan solidaritas” tahunannya ke negara-negara Muslim selama bulan suci Ramadan.

Disebutkan pula bahwa perjalanannya tahun ini bertujuan untuk “menyoroti penderitaan rakyat Palestina di Gaza”.

Pada kesempatan itu, Guterres juga berbicara soal bantuan kemanusiaan yang ditimbun di sisi perbatasan Mesir dengan Gaza ketika rezim Israel terus melarang masuk bantuan tersebut ke Gaza.

“Lebih dari tragis. Ini adalah sebuah penghinaan moral,” katanya seraya menyerukan kembali perang dihentikan dan memperingatkan bahwa serangan lebih lanjut akan memperburuk keadaan.

Shares: