News

Pemkab Aceh Barat bongkar paksa ratusan lapak pedagang di Pasar Meulaboh

Petugas melakukan penertiban terhadap lapak liar pedagang di Kompleks Pasar Bina Usaha Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Ahad (9/7/2023). (ANTARA/HO-Dok Satpol PP WH Aceh Barat)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat sejak satu pekan terakhir melakukan penertiban dengan cara membongkar paksa ratusan lapak pedagang yang berjualan di sepanjang ruas Jalan H Daud Dariyah, Kompleks Pasar Bina Usaha Meulaboh.

“Penertiban lapak pedagang ini untuk menciptakan suasana nyaman bagi pedagang dan masyarakat, agar lebih tertib dan nyaman,” kata Kepala Dinas Satpol PP WH Kabupaten Aceh Barat, Azim, dikutip dari laman Antara, Senin (10/7/2023).

Ia mengatakan penertiban ratusan lapak pedagang tersebut dilakukan bersama tim gabungan, terdiri dari personel Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Aceh Barat, DLH, Dinas Perdagangan, Dinas Kelautan, TNI, Polri serta polisi militer.

Azim mengatakan, penertiban yang dilakukan tersebut sebagai upaya pemerintah daerah, dalam menciptakan lokasi pusat ekonomi yang lebih baik dan tertata dengan baik.

Selain itu, penertiban ini dilakukan guna menciptakan suasana pasar yang sehat, bersih serta terhindar dari suasana yang kumuh.

Azim mengatakan dalam penertiban yang dilakukan memang terdapat sejumlah pedagang yang mencoba melakukan provokasi, namun berkat kesigapan petugas, kemudian oknum pedagang tersebut langsung mendapatkan pengamanan dari personel kepolisian.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berharap dengan adanya penertiban pedagang di Kompleks Pasar Bina Usaha Meulaboh, maka diharapkan semakin meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini sekaligus mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Setelah lapak liar pedagang ini kita tertibkan, maka nanti akan dijaga oleh petugas dengan harapan tidak ada lagi pedagang yang mendirikan lapak sesuka hati,” demikian Azim.

Shares: