News

Pemkab Aceh Besar komit tingkatkan penggunaan produk dalam negeri

Pemkab Aceh Besar komit tingkatkan penggunaan produk dalam negeri
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, saat membuka kegiatan sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di Aula Dekranasda, Jumat (22/12/2023). FOTO : MC Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar, berkomitmen untuk terus meningkatkan produk dalam negeri dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintahan. Hal tersebut sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, saat membuka sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di Aula Dekranasda, Jumat (22/12/2023).

Menurut Iswanto, penggunaan produk dalam negeri dalam setiap belanja jasa dan konstruksi di Aceh Besar terus meningkatkan belakangan hari terakhir.

Tentu saja, implementasi tersebut, sebagai wujud komitmen pemerintah Aceh Besar untuk menerapkan dan mengimplementasikan Inpres Nomor 2 tahun 2022 tersebut, tambahnya.

Penerapan inpres tersebut, sambungnya, telah secara nyata sangat membantu sektor usaha kecil dan menengah di Aceh Besar. Hal itu juga mendorong majunya sektor-sektor ekonomi kreatif lainnya.

Saat ini, sambungnya lagi, APBK Aceh Besar, telah direncanakan penggunaannya sebesar 40 persen untuk belanja produk dalam negeri. Dirinya juga telah ingatkan semua jajaran, untuk menggunakan produk dalam negeri dengan dengan tingkat kompenen dalam negeri (TKDN) minimal 25-40 persen.

Langkah dan kebijakan yang dilakukan oleh Pemkab Aceh Besar tersebut, tukasnya, diharapkan dapat merangsang dan memberikan stimulus berkembangnya produk-produk lolak di daerah ini, demikian Muhammad Iswanto.

Shares: