News

Pemkab Aceh Besar sebut tak ada kenaikan harga daging saat meugang

Petugas melakukan penyemprotan di rumah potong hewan (RPH) Lambaro, Aceh Besar, Senin (13/3/2023). Foto: Riska Zulfira/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Pertanian menyebutkan tak ada kenaikan signifikan harga daging sapi dan kerbau pada meugang menyambut Ramadhan 1444 H.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Aceh Besar, Firdaus menyampaikan harga daging saat mengang nanti relatif stabil, di mana berkisar Rp160 hingga Rp 170 ribu per kilogram.

“Harga relatif aman, tidak ada kenaikan yang signifikan untuk daging sapi dan kerbau,” kata Firdaus, Senin (13/3/2023).

Ia juga mengatakan, stabilitas harga juga ditopang oleh kondisi kesehatan hewan, karena jika banyak hewan yang sakit, maka ketersediaan stok daging akan turut menurun. Oleh karena itu, upaya penyemprotan kandang menjadi penting sebagai langkah pencegahan.

“Kita sudah lakukan penyemprotan serta pastikan kondisi kesehatan ke kandang-kandang ternak milik warga. Jika ada ternak yang sakit segera ditangani, agar ketersediaan stok daging jelang meugang tercukupi,” ucapnya.

Untuk itu ia juga meminta agar masyarakat tidak takut membeli daging saat meugang nanti, karena pihaknya telah menyiapkan petugas kesehatan hewan disetiap pasar hewan yang ada di Aceh Besar, hal tersebut sebagai upaya pencegahan dari hewan yang terpapar penyakit masuk kedalam pasaran.

“Hewan ternak yang diperdagangkan insya Allah sudah aman dari wabah PMK, dan masyarakat tak perlu khawatir lagi membeli daging meugang, karena baik sapi maupun kerbau disembelih dan diperdagangkan insya Allah sudah menjalani screaning kesehatan, jadi, bisa dipastikan dagingnya layak dikonsumsi,” tegasnya.

Firdaus menuturkan, dengan jumlah ternak yang ada saat ini, pihaknya merasa stok hewan ternak untuk meugang aman dan tidak perlu mendatangkan sapi dari luar Aceh, namun yang jadi permasalahannnya terletak pada daya beli masyarakat.

“Kalau stok insya Allah cukup untuk meugang nanti, dan mudah-mudahan daya beli masyarakat meningkat,” pungkasnya.

Shares: