News

Pemkab Pidie salurkan 9,6 ton benih padi untuk petani korban banjir

Pegawai Dinas Pertanian Pidie, saat menyerahkam bantuan benih padi ke petani setempat, Selasa (14/2/2023). Foto: Dinas Pertanian Pidie

POPULARITAS.COM – Banjir yang melanda Kabupaten Pidie, pada awal tahun 2023 lalu mengakibatkan ribuan hektare lahan sawah di daerah setempat ikut rusak akibat terendam bencana alam itu.

Praktis membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie pun menyalurkan bantuan benih padi sebanyak 9,6 ton untuk para petani yang lahan sawahnya rusak parah dampak banjir itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Pidie, Hasbalah mengatakan, bantuan benih padi itu diserahkan ke wilayah-wilayah yang gagal tanam atau tanaman padinya rusak akibat terendam banjir dua gelombang di awal tahun 2023 itu.

“Bantuan benih padi ini kita salurkan agar para petani dapat kembali melakukan penanaman padi di areal persawahannya masing-masing,” ungkap Hasbalah, Selasa (14/2/2023).

Wilayah-wilayah yang mendapat bantuan bibit padi karena areal persawahannya rusak parah itu di antaranya Kecamatan Delima, Kecamatan Batee, Kecamatan Padang Tiji dan Kecamatan Muara Tiga, dengan jumlah total lahan yang terdampak seluas 384 hektare.

Diakui olehnya, terdapat juga lahan-lahan persawahan lainnya yang terdampak banjir, namun disebabkan para petani sudah kembali melakukan penanaman ulang, sehingga membuat Pemerintah Pidie akan kembali menyalurkan benih padi tersebut pada musim gadu yang akan datang.

“Untuk petani yang belum memperoleh bantuan benih padi akan diupayakan pada musim gadu,” ujar Hasballah.

Dia menambahkan, ekses bencana alam banjir pada Januari 2023, selain berdampak terhadap 1.313 hektare lebih lahan persawahan, beberapa infrastruktur juga mengalami kerusakan.

Shares: