News

Pemkab Pijay gelar pasar murah saweu gampong

Pemkab Pijay gelar pasar murah saweu gampong
Kadis Perindag Pidie Jaya, Rizal Fikar (baju putih) saat memantau Pasar Murah Saweue Gampong. (Foto: Disperindag Pidie Jaya).

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya, menggelar pasar murah dengan menyasar langsung gampong-gampong di daerah setempat.

Operasi pasar murah itu sendiri dilakukan pemkab melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Pidie Jaya, sebagai salah langkah menekan kenaikan harga barang serta laju inflasi.

Upaya menekan kenaikan harga barang dengan menggelar pasar murah di tahun 2022 yang lakukan Pemkab Pidie Jaya itu bukanlah yang perdana.

Namun sebelumnya juga sudah beberapa kali dilaksanakan kegiatan jualan komoditas pangan sehari-hari dengan harga murah itu.

Hanya saja, jika sebelumnya kegiatan tersebut bersentral di pusat-pusat kecamatan, kini Dinas Perindustrian Perdagangan mengubah pola dengan menyasar gampong-gampong.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Pidie Jaya, Rizal Fikar menyebutkan, dalam upaya menekan kenaikan harga barang serta laju inflasi, pihaknya melaksanakan operasi pasar murah secara rutin di tahun 2022.

“Kita laksanakan operasi pasar murah rutin ini untuk membantu masyarakat, mengingat kondisi harga barang yang lagi tinggi. Jadi dengan adanya pasar murah ini sudah terbantu masyarakat dalam membeli kebutuhan pokonya dengan harga murah,” kata dia, Senin (18/12/2022).

Jika sebelumnya dalam melaksanakan kegiatan tersebut, pihaknya menggandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh (Disperindag) Provinsi Aceh.

“Kalau sebelumnya kita dibantu Disperindag Aceh. Karena saat kita sampaikan ke Provinsi Aceh tentang rencana kita menggelar Pasar Murah, Disperindah Aceh menyambut dengan baik,” ucap Rizal Fikar.

Tambahnya, untuk kegiatan Pasar Murah yang dimulai pada 16-21 Desember 2022, dengan menyasar sejumlah gampong di lima kemukiman di lima kecamatan, dengan menggunakan dana bersumber APBK Pidie Jaya tahun 2022.

Meliputi, Kemukiman Beurancan Kecamatan Meureudu, Kemukiman Peulandok Kecamatan Trienggadeng, Kemukiman Ulee Gle, Kecamatan Bandar Dua, Kemukiman Lancok, Kecamatan Bandar Baru dan Kemukiman Kuta Rentang, Kecamatan Meurah Dua.

“Untuk Pasar Murah ini kita menggunakan anggaran kita sendiri (Pidie Jaya),” ujarnya.

Tambahnya, di mana setiap orang dapat membeli satu paket komoditas, diantaranya beras, minyak, telor, tepung dan gula.

“Semua orang bisa membeli paket Pasar Murah ini hanya dengan menunjukkan KTP, sudah bisa membeli satu paket,” tambahnya.

Shares: