News

Pemotongan hewan di RPH Lambaro meningkat jelang meugang

Pj Bupati Aceh Besar : Penanganan virus PMK prioritas 
Ilustrasi, Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP, MM bersama Kadis Peternakan Aceh, Zalsufran, Kapolres Aceh Besar, AKBP Carlie Syahputra, S.IK, MH, melakukan penyemprotan disinfektan di kandang sapi untuk mencegah penyakit hewan menular di Montasik, Aceh Besar, Selasa 19/7/2022

POPULARITAS.COM – Aktivitas pemotongan hewan di Rumah Potong Hewan (RPH) Lambaro, Kabupaten Aceh Besar mengalami peningkatan jelang tradisi Meugang menyambut Ramadhan 1444 H.

Pada hari biasa, RPH Lambaro memotong lima ekor ternak, namun jelang meugang RPH mampu menyembelih 20 hingga 22 ekor ternak.

Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar, Jakfar melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Aceh Besar, Firdaus, memastikan peredaran daging sapi dan kerbau di pasar hewan dalam sehat atau terbebas dari berbagai penyakit.

“Sebelum disembelih, ternak sapi, dan kerbau itu diperiksa kesehatannya oleh petugas guna menjamin dagingnya tetap sehat dan halal dikonsumsi,” katanya, Senin (13/3/2023).

Ia menjelaskan, kehadiran RPH Lambaro telah membantu pedagang dalam menyediakan daging sehat dan halal.

“Artinya, daging sapi atau kerbau yang beredar di pasar Lambaro sudah dapat dipastikan halal dan dijamin kesehatannya karena cara penyembelihannya memenuhi syarat,” ujar Firdaus.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pihaknya terus membangun kepercayaan pedagang atau peternak agar tetap menyembelih sapi dan kerbau di RPH Lambaro.

“RPH Lambaro adalah kebanggaan kita, karena memanuhi standar RPH modern serta daging yang dikeluarkan terjamin halal dan segi kesehatannya,” tukas Firdaus.

Ia mengatakan, petugas dari Dinas Pertanian Aceh Besar atau Tim Kesehatan Hewan melakukan pemeriksaan pada hewan yang akan masuk ke dalam pasar hewan yang ada di Aceh Besar.

Pengecekan suhu dan kondisi fisik dari hewan ternak sebagai langkah untuk mengecek kesehatan setiap hewan ternak yang masuk ke pasar hewan. Pengecekan bertujuan untuk memastikan hewan ternak dalam kondisi sehat tidak terpapar Penyakit PMK.

“Untuk transaksi jual beli sendiri memang belum menunjukkan peningkatan kemungkinan akan meningkat saat menjelang meugang nanti,” ungkap Firdaus.

Shares: