EkonomiNews

Sejumlah bahan pokok di Aceh Besar alami kenaikan jelang Ramadhan

Muhammad Irvan salah satu pedagang di pasar Induk Lambaro, Aceh Besar, Senin (13/3/2023). Foto: Riska Zulfira/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Harga sejumlah bahan pokok di Kabupaten Aceh Besar mulai mengalami kenaikan jelang Ramadhan 1444 H.

Salah satu pedagang di pasar Induk Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Muhammad Irvan mengatakan kenaikan harga tersebut hanya terjadi pada beberapa komoditas saja.

Seperti harga telur yang mulai megalami kenaikan harga menjadi Rp48 ribu per papan dari yang sebelumnya Rp45 ribu. Selain itu juga terjadi pada harga cabai hijau yang kini menjadi Rp28 ribu per kilogram.

“Untuk harga cabai tidak dapat dipastikan, harganya sering berubah-ubah. Namun semakin dekat dengan hari meugang nanti harga akan terus mengalami kenaikan,” kata Irvan, Senin (13/3/2023).

Sambung Irvan, selain mulai mengalami kenaikan juga terdapat komoditas yang mengalami penurunan harga dan kerap stabil.

“Untuk bawang merah masih stabil berkisar Rp33 hingga 35 ribu. Sementara cabai merah ada penurunan harga menjadi Rp35 ribu dari sebelumnya Rp40 ribu per kilogram,” sebut Irvan.

Menurutnya, penurunan harga cabai merah tersebut lantaran pasokan cabai yang sedang melimpah, sehingga jelang Meugang dan bulan Ramadhan nanti stok akan tetap stabil.

Hal serupa juga dikatakan, Ilyasa, di toko miliknya harga minyak goreng masih stabil. Namun tak menutup kemungkinan mendekati meugang nanti harga minyak goreng dapat naik.

“Saat ini dijual Rp15 per kilogram, sebelumnya Rp14 ribu,” sebutnya.

Untuk itu, ia berharap masyarakat dapat langsung menyediakan stok jelang Ramadhan, karena apabila sewaktu-waktu harga naik tidak terlalu memberatkan.

Shares: