News

Pemuda Gampong Lamdingin amankan lima pembalap liar

Lima unit motor yang diamankan warga Gampong Lamdingin diserahkan ke Polsek Kuta Alam, Jumat (22/2/2024) kemarin. (Polsek Kuta Alam)

POPULARITAS.COM – Maraknya aksi balapan liar yang dilakukan kalangan remaja di kota Banda Aceh sangat meresahkan masyarakat yang dapat berakibat fatal, hingga merugikan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Atas hal ini, sekelompok pemuda Gampong Lamdingin, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh mengamankan lima remaja bersama motornya yang diduga terlibat balap liar di seputaran Pasar Almahirah, Jumat (23/2/2024) kemarin.

Kapolsek Kuta Alam, AKP Suriya mengatakan, para remaja di bawah umur tersebut diamankan saat lewat bergerombol dengan kebut-kebutan hingga mengganggu warga setempat.

Apalagi motor berbagai jenis yang digunakan rata-rata tidak sesuai standar, di mana sebagian besar motor telah dimodifikasi menggunakan knalpot brong dan komponen yang tak lengkap.

“Diamankan saat hendak salat Jumat, kemudian diserahkan ke Polsek Kuta Alam dan kita tindaklanjuti,” ujarnya kepada popularitas.com, Sabtu (24/2/2024) malam.

Meski sempat diamankan sejenak dan diberikan pembinaan, saat ini para remaja itu dikembalikan ke keluarga. Namun motornya masih ditahan sementara dan dapat diambil kembali setelah persyaratan dipenuhi.

“Motornya bisa diambil Senin nanti dengan melengkapi komponen yang kurang, mengganti kembali knalpot standar dan adanya surat pernyataan bahwa hal itu tidak kembali dilakukan,” ungkapnya.

Suriya pun memberikan apresiasi kepada para pemuda Gampong Lamdingin yang telah berinisiatif dan ikut berupaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama ini.

“Ini merupakan kesinambungan dari pertemuan yang sering dilakukan oleh personel Polsek Kuta Alam dengan warga untuk merawat kamtibmas bersama-sama,” ucapnya.

Selain itu, ia juga berharap hal yang sama dapat dicontoh oleh warga lainnya. Para orang tua juga dituntut agar berperan aktif mengawasi anak-anaknya.

“Orang tua harus bertanggungjawab terhadap kegiatan atau aktivitas yang dilakukan anaknya, karena tanpa pengawasan dari orang tua, maka si anak akan terjerumus kepada hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Shares: