News

Pengungsi Rohingya Sudah Dipindahkan ke BLK Lhokseumawe

Pengungsi Rohingya Sudah Dipindahkan ke BLK Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE (popularitas.com) – Pengungsi Rohingya sudah dipindahkan ke gedung Balai Latihan Kerja (BLK) di Meunasah Mee, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Jumat sore (10/7/2020). Sebelumnya mereka ditempatkan sementara di bekas kantor Imigrasi.

“Kita lihat lokasi ini lebih layak, jika dibandingkan dengan dengan tempat bekas kantor Imigrasi kemaren, lebih layak BLK, lokasinya tidak sempit, apabila dibutuhkan waktu lebih lama lagi maka tempat baru ini sangat pas, bangunanya luas dan ada beberapa bangunan yang bisa dipergunakan, mudah- mudahan mereka tidak lama,” kata Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya, Sabtu (11/7/2020).

Lanjutnya, jika bisa mereka tidak lama di kota Lhokseumawe, karena mengurus pengunsi itu sulit, namun karena demi kemanusiaan tetap harus didukung dan ditempatkan di lokasi yang layak.

“Mereka tidak dibawa ke tempat ungsi di Blang Ado karena selter itu sudah direnovasi untuk dikhususkan untuk penanganan covid 19, maka keputusan bersama lokasi BLK ini lebih layak, kebetulan tempat ini adalah kampong halaman saya jadi saya tau akan berjalan lancar dan aman,” ujarnya.

Katanya, stok bahan pangan pengunsi Rohingya ini diperkirakan bisa mencukupi sampai dua bulan terakhir. Bantuan itu diberikan oleh masyarakat, NGO, LSM, dan organisasi lainya, jadi tidak memakai anggaran dari pemerintan.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto mengatakan, untuk SOP aturan sudah dibuat pihak Imigrasi, nantinya pengamanan akan dibuat shift terkait pengamanan yang tempat pengungsi Rohingya tersebut.

“Nantinya TNI /Polri akan membentuk beberapa shift untuk pengamanan lokasi, pengamanan ini dilakukan sampai mereka sudah mengerti situasi dan aturan maupun adat yang ada di Indonesia khususnya Aceh,” kata Eko Hartanto.[acl]

Reporter: Risky

Shares: