HeadlineNews

Penumpang dari Sabang Wajib Ada Surat Swab Test

Penumpang dari Sabang Wajib Ada Surat Swab Test
Arsip Foto - Petugas pelabuhan Balohan Sabang sedang memeriksa penumpang yang akan melakukan perjalanan ke Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh. (ANTARA/HO-Humas Sabang)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Seluruh penumpang dari Kota Sabang yang berlabuh di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh wajib menunjukkan surat swab test untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Kepala UPTD Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Muhammad Isa mengatakan, surat swab test itu menjadi syarat izin keberangkatan ke Pelabuhan, Ulee Lheue, Banda Aceh.

“Penumpang dari Sabang wajib melampirkan surat swab test,” kata Muhammad Isa.

Kewajiban penumpang melampirkan surat bebas Covid-19 itu tertuang dalam Surat Pemberitauan Nomor 552/222/UPTD/VI/2020. Surat tersebut dikeluarkan Kamis (27/6/2020)

Surat itu mewajibkan semua penumpang saat berangkat dari Sabang menuju Banda Aceh untuk dilapirkan. Hal ini dalam upaya memutuskan rantai penyebaran virus corona yang mulai meningkat di Aceh.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG) merilis akumulasi kasus Covid-19 di Aceh berdasarkan laporan Gugus Tugas kabupaten/kota se-Aceh, per tanggal 28 Juni 2020, pukul 15.00 WIB. Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh hari ini sebanyak 2.263 orang.

“Ada penambahan satu ODP baru hari ini,” kata SAG.

ODP yang masih dalam pemantauan Gugus Tugas Covid-19 kabupaten/kota saat ini sebanyak 46 orang. Sedangkan sebanyak 2.217 orang sudah selesai menjalani proses pemantauan atau isolasi secara mandiri.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP), lanjutnya, sebanyak 121 kasus. Tidak ada penambahan kasus baru. PDP dalam perawatan rumah sakit rujukan Covid-19 kabupaten/kota saat ini, sebanyak 2 orang.

PDP di Aceh yang sudah sembuh sebanyak 118 orang. PDP yang meninggal dunia hanya 1 orang. PDP itu meninggal pada 26 Maret 2020.

Sedangkan jumlah orang yang positif Covid-19 terus melonjak tajam dalam dua pekan terakhir. Jumlah kasus hingga saat ini sudah mencapai 79 orang–termasuk bayi, Balita, tenaga kesehatan, perawat, dan bahkan dokter di Puskesmas

“Pasien Covid yang sedang dirawat sebanyak 52 orang, sudah sembuh 25 orang, dan 2 orang meninggal dunia,” tutup SAG.[acl]

Shares: