News

Penyaluran Dana Desa Tahap II di Pidie Jaya Sudah 55 Persen

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kabupaten Pidie Jaya, Fakhrurrazi. (popularitas/Nurzahri)

POPULARITAS.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Pidie Jaya, memastikan penyaluran dana desa (DD) tahap II tahun 2021, sudah mencapai 55 persen.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Kabupaten Pidie Jaya, Said Fakrurrazi menyebutkan, dari total 222 gampong di daerah setempat, sebanyak 123 gampong diantaranya, DD tahan II sudah dicairkan.

Pencairan DD itu sendiri dilakukan dalam tiga tahap. Tahap satu sebesar 40 persen dari total Dana Desa, tahap dua 40 persen, dan tahap ketiga sebesar 20 persen.

“Penyaluran DD tahap pertama sudah 100 persen, kini kita sedang mengupayakan percepatan penyaluran DD tahap II untuk sisa 99 desa itu,” kata Said Fakrurrazi, Selasa (27/7/2021).

Sedangkan sisa 99 gampong lainnya itu, dalam proses pengajuan pencairan.

Pasalnya, dari 99 desa yang belum cair dan Desa tahap II tersebut, terdapat bebarapa diantaranya tidak sepenuhnya menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2020, yang sejatinya harus disalurkan selama sembilan bulan. Sehingga terkendala dalam proses pencairan DD tahun 2021.

“Sisa ini dalam proses pengajuan,” jelasnya.

Untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2021, seluruh gampong di Kabupaten Pidie Jaya, sudah menuntaskan pembagian BLT dampak COVID-19 itu terhitung Januari hingga Maret.

“BLT bulan Januari sampai Maret 2021, penyalurannya sudah 100 persen,” ujarnya.

Sedangkan untuk penyaluran BLT bulan April, dari total 222 gampong,  yang sudah menyalurkan bantuan tersebut mencapai 207 desa, dan Mei baru 73 desa.

“Untuk BLT April, Mei sama Juni 2021, saat ini dalam proses pengajuan dan penyaluran ke rekening dari RKUN ke RKD, untuk seterusnya desa dapat membagikan ke masyarakat di gampong,” ungkapnya.

Editor: dani

Shares: