News

Perampok asal Aceh baku tembak dengan polisi, satu orang tewas

Wanita bersenjata terobos Istana Merdeka
Ilustrasi pistol (ANTARA/HO)

POPULARITAS.COM – Perampok asal Aceh berinisial R terlibat baku tembak dengan aparat kepolisian dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah (Polda) Riau.

Baku tembak yang terjadi, Sabtu (27/1/2024) di Kabupaten Kampar, Riau itu menyebabkan R meninggal dunia. Aksi tembak-menembak ini juga melukai dua polisi, salah satunya Aiptu Edi Jurmano yang tertembak di pergelangan tangannya.

Direskrimum Polda Riau, Kombes Pol Asep Darmawan menjelaskan baku tembak tersebut terjadi dari depan hingga ke belakang rumah R dan pelaku tak berhenti melepaskan timah panas ke arah petugas. Tembakan terhenti usai R akhirnya tewas di halaman belakang rumahnya.

“Jenazah R kami bawa ke RS Bhayangkara sebelum dilakukan pemulangan ke kampung halamannya di Aceh,” ujar Asep dalam keterangannya, Senin (29/1/2024).

Berdasarkan hasil penggeledahan rumah R, kata Asep, ditemukan tiga pucuk senjata api rakitan dan pabrikan serta sejumlah peluru.

“Dilihat secara kasat mata ada senjata api pabrikan beserta beberapa butir peluru. Tapi belum diketahui dari mana tersangka mendapatkan senjata ini,” tuturnya.

Asep menjelaskan R adalah seorang perampok bersenjata api yang melancarkan aksinya di berbagai lokasi di Sumatera Barat. Dia diduga terlibat dalam perkara perampokan bersenjata api di lima tempat di Sumatera Barat selama beberapa tahun dan telah masuk dalam pengejaran polisi sejak 2022.

“Kami mem-backup penangkapan pelaku yang tinggal di Kampar. Dia melakukan kejahatannya di Provinsi Sumatera Barat berkali-kali,” kata Asep.

Lokasi persembunyian R diketahui usai dua tersangka lain berinisial IL dan MZ dibekuk petugas di Tapung, Kabupaten Kampar, pada Kamis (25/1). IL ini perannya inisiator dan MZ merupakan eksekutor.

Shares: