KesehatanNews

Perawat Pijay Positif Covid-19 Tidak Berkontak dengan Pasien Meninggal

Perawat Pijay Positif Covid-19 Tidak Berkontak dengan Pasien Meninggal

POPULARITAS.COM – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pidie Jaya membenarkan salah satu tenaga kesehatan (perawat) positif terinfeksi COVID-19.

Hanya saja, perawat tersebut bukan salah satu tenaga kesehatan yang pernah merawat pasien positif virus corona yang sudah meninggal dunia.

Kepala Bidang Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pidie Jaya, dr Muhammad Aditya menyebutkan, pihaknya menerima hasil swab dengan hasil satu perawat positif virus corona dari Tim Gugus COVID-19 setempat, pada Minggu 23 Agustus 2020.

“Ia satu perawat positif. Dia tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien positif yang sudah meninggal. Tapi pernah kontak dengan pasien suspect yang sempat dirawat di sini (RSUD Pidie Jaya),” kata Aditya kepada popularitas.com, Senin (24/8/2020).

Katanya, pasien suspect yang pernah dirawat di RSUD Pidie Jaya itu diketahui berasal dari Kecamatan Bandar Dua. Bahkan pasien tersebut juga sudah dilakukan pengambilan swab yang dikirim ke Litbangkes Aceh, hanya saja hasilnya belum keluar.

Namun begitu Aditya tidak memastikan, kalau perawat yang positif COVID-19 itu terpapar dari pasien suspect yang sempat dirawat di Rumah Sakit Pidie Jaya itu.

“Cuma tidak bisa dipastikan lagi karena masa sudah lama,” jelasnya.

Sambungnya, sejatinya usai salah satu pasien positif COVID-19 meninggal dunia, saat itu pihaknya langsung melakukan penelusuran terhadap tenaga medis dan kesehatan yang sempat merawat almarhum selama dirawat di RSUD Pidie Jaya sebelum dirujuk ke RSUZA Banda Aceh.

Saat itu pihak RSUD Pidie Jaya mengambil sampel swab sekitar 30 orang yang diketahui memiliki riwayat kontak erat dengan pasien meninggal, termasuk perawat yang dinyatakan positif tersebut.

“Sekalian dengan itu juga kita ambil swabnya. Karena kebetulan hari itu dia sudah memiliki gejala, jadi sekalian diambil swab,” jelas Aditya.

Sedangkan hasil swab para tenaga medis (dokter) tenaga kesehatan dan tenaga kebersihan serta yang masyarakat yang diketahui memiliki kontak dengan pasien positif COVID-19, yang sudah meninggal dunia itu semua negatif atau tidak terinfeksi virus Corona.

“Yang kontak dengan Alm (pasien positif yang sudah meninggal dunia) semua negatif, termasuk keluarga,” ungkapnya.[]

Reporter: Nurzahri
Editor: Acal

Shares: