HeadlineKesehatan

Perawat Positif Covid-19 di RSUZA Kembali Bertambah

Setiap Gampong di Banda Aceh Akan Rapid Test Setiap Tamu dari Luar
Ilustrasi, Pengunjung yang sedang nongkrong di warkop menjalani rapid test corona di Banda Aceh. Foto by Gade Ridwan

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sebanyak 3 orang perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh positif terpapar virus corona atau Covid-19. Secara akumulasi, sudah 7 orang paramedis terpapar virus corona di Serambi Makah.

Hal ini diketahui berdasarkan hasil swab yang diperiksa dengan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) keluar pada Kamis (25/6/2020).

“Ada yang tertular lagi 3 orang, tetapi tidak di ruang RICU, di ruang lain,” kata Wakil Direktur Pelayanan RSUDZA, Endang Mutiawati saat dikonfirmasi, Kamis (25/6/2020).

Ia menuturkan, perawat yang terkena virus corona itu sudah diisolasi di ruang Isolasi Pinere RSUDZA. Saat ini, pihak rumah sakit sedang menelusuri orang-orang yang pernah kontak dengan pasien.

“Ketiganya dirawat di ruang Isolasi Pinere, dan sekarang juga sedang dilakukan swab perluasan lagi,” tutur Endang.

Disebutkan Endang, salah satu keluarga dari 3 pasien itu juga sudah diambil sampel swab dan dikirim ke Balitbangkes Aceh di kawasan Lambaro, Aceh Besar. Namun, hingga hari ini hasilnya belum keluar.

“Satu itu sedang swab keluarga mereka, tapi belum keluar,” pungkasnya.

Dengan positifnya ketiga perawat itu, maka total tenaga medis di Aceh yang terpapar virus corona menjadi 7 orang. Sebelumnya, 4 tenaga medis di RSUDZA diketahui terpapar virus corona setelah hasil swab keluar pada Minggu, 21 Juni 2020.

Secara komulatif, jumlah pasien virus corona di Aceh per Kamis, 25 Juni 2020 pukul 16.30 WIB mencapai 66 kasus. Hal ini berdasarkan data yang dihimpun dari web resmi dinkes.acehprov.go.id. [acl]

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: