HeadlineNews

Sebelum Positif Covid-19, Warga Filipina Sempat 2 Kali Negatif

Sebelum Positif Covid-19, Warga Filipina Sempat 2 Kali Negatif
Ilustrasi. Petugas medis di RS Pertamedika. (pertamedika)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh mengumumkan adanya satu warga negara asing (WNA) yang positif terkena virus corona atau Covid-19. Ini merupakan kasus pertama yang menimpa WNA di Tanah Rencong.

WNA tersebut sebelumnya dievakuasi dari kapal kargo berbendera Panama bernama MV Loch Long di perairan Selat Benggala, Kabupaten Aceh Besar, karena mengalami sakit. Selanjutnya, ia dirawat di RSUDZA Banda Aceh.

“(Saat itu) dia sakit lambung, karena dia dari kapal, terus demam kita masukkan ke area Covid-19, (tidak kita masukkan ke ruangan biasa),” kata Wakil Direktur Pelayanan RSUDZA Banda Aceh, Endang Mutiawati saat dikonfirmasi, Kamis (25/6/2020).

Endang menjelaskan, sebelum dinyatakan positif Covid-19, WNA itu sempat dua kali keluar hasil negatif. Namun, Endang tak ingat betul kapan-kapan saja hasil negatif itu keluar.

“Dia sempat dites swab PCR dan negatif dua kali, lalu dipindahkan ke ruang non Covid-19,” jelas Endang.

Sedangkan pada tes swab ketiga, ujar Endang, hasil Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) Balitbangkes menunjukkan WNA itu positif terpapar virus corona.

“Saat dia mau pulang, swab lagi, dan hasilnya positif. Saat ini dia dirawat lagi di ruang Covid-19,” kata Endang.

Secara umum, sebut Endang, WNA tersebut tak terlalu berbahaya. Sebab, selama perawatan di RSUDZA ia tidak batuk dan tidak mengeluarkan cairan erosol.

“Dia tidak berbahaya, karena dia tidak batuk, tidak mengeluarkan cairan erosol,” pungkas Endang. [acl]

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: