News

Peringatan HUT RI 17 Agustus 2024 akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara

Peringatan HUT RI 17 Agustus 2024 akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/8/2023). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

POPULARITAS.COM – Peringatan puncak HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 tahun depan, akan dilangsungkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dalam keterangannya, Kamis (17/8/2023) dilansir laman Antara, Presiden RI memastikan, tahun depan upacara detik-detik HUT RI ke-79 akan berlangsung di IKN.

“Insya Allah. Tahun depan Insya Allah sudah di IKN. Kita lihat nanti,” kata Presiden.

Dengan proyeksi pelaksanaan Upacara 17 Agustus 2024 di IKN, menandakan upacara di Istana Merdeka pada Kamis ini menjadi kali terakhir dilaksanakan di Jakarta sebagai ibu kota.

Senada dengan itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin meyakini Upacara HUT ke-79 RI yang dipimpin Kepala Negara dilaksanakan di ibu kota baru.

“Insya Allah tahun depan kita sudah melaksanakan HUT RI di Ibu Kota baru,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Adapun Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi pada Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis.

Presiden yang mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng asal Surakarta, Jawa Tengah, bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 yang mengusung Tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Tema HUT RI tahun ini menyiratkan ajakan kepada seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama melanjutkan pembangunan dengan menggelorakan semangat berkolaborasi dan bersinergi.

Sebelum upacara dimulai, dilakukan Kirab Bendera dan Naskah Proklamasi yang diarak dari Monumen Nasional ke Istana Merdeka dengan kereta kencana. 

Editor : Hendro Saky

Shares: