News

Peringati Hari Tambang 2022, PT SBA komitmen jaga bumi

Berbagai kegiatan digelar oleh PT Solusi Bangun Andalas (PT SBA) dalam rangka memperingati hari tambang, atau Quarry Day 2022. Mengusung tema Only One Earth : Menjaga bumi demi masa depan yang lebih baik, ragam aktivitas dilakukan perusahaan semen terbesar di Aceh itu sejak 5-20 Desember 2022.
Peringati Hari Tambang 2022, PT SBA komitmen jaga bumi
Acting GM SBA, Anwar Bakti beserta karyawan dan kontraktor melepas seribu ekor calon induk ikan kakap putih di sungai Krueng Raba, Selasa (13/12/2022). FOTO : Humas PT SBA

POPULARITAS.COM – Berbagai kegiatan digelar oleh PT Solusi Bangun Andalas (PT SBA) dalam rangka memperingati hari tambang, atau Quarry Day 2022. Mengusung tema Only One Earth : Menjaga bumi demi masa depan yang lebih baik, ragam aktivitas dilakukan perusahaan semen terbesar di Aceh itu sejak 5-20 Desember 2022.

Kepala Teknik Tambang PT SBA, Adi Handarbeni, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/12/2022) mengatakan, Quarry Day merupakan agenda rutin yang dilaksanakan pihakn saban tahun. Hal itu untuk menegaskan komitmen perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkugan, dan mewujudkan tambang berkelanjutan.

Disebutnya Adi, beberapa kegiatan yang digelar pihaknya dalam rangka hari tambang 2022, diantaranya sosialisasi, best practice sharing, pelepasan bibit ikan, dan juga penanaman pohon. “Alhamdulillah, seluruh rangkaian acara Quarry Day yang digelar PT SBA berjalan dengan baik, dan lancar,” ujarnya.

Sejumlah kegiatan yang dilakukan oleh PT SBA di Hari Tambang 2022, meliputi pilar pendidikan, yaitu, sosialisasi perizinan, pengawasan, dan pengamanan, serta pengendalian bahan peledak oleh Mabes Polri kepada karyawan perusahaan, dan kotraktor. 

Kemudian berbagi ilmu, dan praktek terbaik dalam proses pengeboran, dan peledakan tambang di PT SBA kepada mahasiswa, dan mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan USK.

Selanjutya, Pilar enviromental, atau lingkungan, yakni penanaman 242 pohon di area tambang clay atau tanah liat, serta pelepasan 1.000 ekon induk kakap putih di Sungai Krueng Raba.

Diakhir rangkaian kegiatan, PT SBA menyerahkan peralatan tiga unit mata bor, drill bit kepada Program Studi Teknik Pertambangan USK sebagai wujud dari pilar pemberdayaan, atau empowerment.

Kordinator Program Studi Teknik Pertambangan USK, Pocut Nurul Alam, beri apresiasi dan pujian atas dukungan PT SBA dalam praktek berbagi llmu dengan mahasiswanya. Harapannya, hal tersebut dapat terus ditingkatkan, agar kolaborasi kedua belah pihak semakin erat.

Adi juga menegaskan, keberlanjutan lingkungan merupakan tanggungjawab kita semua, untuk itu, pihaknya imbau semua stakeholder untuk berperan aktif menjaga, dan melestarikan lingkugan demi masa depan generasi kedepan.

Shares: