News

Peringati HUT RI ke 76, Gubernur Aceh Kenakan Pakaian Adat Gayo

Gubernur Aceh Nova Iriansyah bersama unsur Forkopimda Aceh mengikuti peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung secara virtual di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Selasa. (ANtara)

POPULARITAS.COM – Gubernur Aceh Nova Iriansyah bersama dengan istri Dyah Erti Idawati mengenakan baju adat gayo dalam peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia  yang berlangsung secara virtual di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Selasa.

Gubernur Aceh mengenakan baju hitam dan celana hitam serta kerawang gayo dipinggangnya. Beliau juga menyematkan peci hitam bermotif.

Sementara Dyah Erti Idawati mengenakan hijab merah dan baju hitam dengan kerawang gayo dan tak lupa menyertakan selempang kerawang gayo.

Gubernur Aceh bersama unsur Forkopimda Aceh terlihat mengikuti dengan khidmat upacara peringatan HUT ke 76 RI di Istana Merdeka yang disiarkan secara virtual.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Banda Aceh yang ikut hadir dalam peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia mengenakan baju adat Aceh.

Di Istana Merdeka Jakarta, Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat dari Lampung saat menjadi inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengenakan baju lengan panjang warna putih dan celana warna senada. Pada bagian pinggang dililitkan sarung khas Lampung warna merah yang ditenun dengan benang emas.

Penggunaan sarung di luar celana dengan panjang mencapai lutut. Presiden juga menyematkan selendang merah yang motifnya senada dengan sarung.

Di pinggang Presiden, melingkar ikat pinggang merah dengan asesoris lingkaran berwarna emas.

Sedangkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan busana nasional dengan kain songket.

Baju kurung yang dikenakan Ibu Negara berwarna kuning terang dengan kain songket warna senada serta selendang yang ditaruh di bahu kiri.

Sedangkan jilbab Ibu Negara juga berwarna kuning, tidak ketinggalan masker berwarna putih.

Sumber: Antara

Shares: