News

Peringati Quarry Day 2023, PT SBA tanam manggrove dan lepas bibit ikan di Krueng Raba

Peringati Quarry Day 2023, PT SBA tanam manggrove dan lepas bibit ikan di Krueng Raba
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, didampingi GM SBA, Mochamad Anwar Bakti, saat lepas ribuan benih ikan kakap putih di Krueng Raba, Selasa (12/13/2023). FOTO : PT SBA

POPULARITAS.COM – PT Solusi Bangun Andalas (PT SBA) gelar rangkaian kegiatan Quarry Day 2023. Melalui acara itu, perusahaan penghasil semen bermerek Andalas tersebut, melakukan aksi penanaman manggrove dan melepas ribuan bibit ikan kakap putih di Krueng Raba, Aceh Besar.

Kepala Teknik Tambang PT SBA, Adi Handarbeni, saat kegiatan itu mengatakan bahwa, quarry day merupakan aktivitas yang kerap dilakukan perusahaan saban tahunnya. Hal tersebut sebagai komitmen pihaknya menjaga kelestarian lingkungan serta untuk wujudkan tambang berkelanjutan atau sustainable minning, tambahnya.

Kegiatan Quarry Day 2023 yang diselenggarakan PT SBA itu, dihadiri oleh Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, para Muspika Kecamatan Lhoknga dan Leupung serta para stakeholder lainnya.

Adi Handarbeni melanjutkan, kegiatan Quarry Day 2023 yang diselenggarakan PT SBA telah dilangsungkan sejak 23 November-12 Desember 2023. Sejumlah aktivitas digelar, seperti Lingkungan, Pendidikan dan Pemberdayaan. Nah, kegiatan yang kita selenggarakan hari ini, berupa penanaman manggrove, ditujukan untuk membantu penyerapan karbondioksida, menjaga kualitas air dan Udara. Sementara, penaburan bibit ikan di Krueng Raba, dimaksudkan untuk meningkatkan habitat ikan dan biota sungai dan sekaligus beri dampak ekonomi bagi masyarakat sebagai sumber pendapatan nelayan.

Sepanjang tahun 2023 ini, sambungnya, PT SBA telah menanam 3 ribu bibit pohon manggrove di area ring 1 Quarry Clay perusahaan, yakni di Gampong Lampaya. Kegiatan tersebut berkerjasama dengan LSM Seulanga serta kelompok binaan. Sementara, bibit ikan yang ditabur sebanyak 2 ribu ekor.

Dari total area izin usaha pertambangan (IUP) yang dimiliki PT SBA, pihaknya telah melakukan penghijauan pada area tambang clay atau tanah liat seluas 14,96 hektar dan 16,1 hektar untuk area tambang gamping, papar Adi.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto yang hadir dalam kegiatan itu, memuji aktivitas PT SBA yang kerap memperhatikan aktivitas pertambangan berkelanjutan. Perusahaan semen tersebut merupakan mitra penting pemerintah daerah, untuk itu, harapan kita dalam menjalankan operasional perusahaan tetap menerapkan praktek pelestarian lingkungan den menerapkan teknik pertambangan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Editor : Muhammad Fadhil

Shares: