News

Persediaan hewan kurban Iduladha capai 1.722 ekor di Aceh Tamiang

Pedagang memberi pakan kambing sambil menunggu pembeli di pusat penjualan hewan kurban Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (6/7/2022). (ANTARA FOTO/Rahmad/foc)

POPULARITAS.COM – Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan (Distanakbun) Kabupaten Aceh Tamiang menyebut persediaan hewan kurban untuk Iduladha 1444 Hijriah di daerah itu mencapai 1.722 ekor, meliputi sapi, kerbau, kambing, dan domba.

“Jumlah itu tersebar di 12 kecamatan, sapi ada 1.222 ekor, kerbau satu ekor, kambing 294 ekor dan domba 205 ekor, sehingga total persediaan hewan kurban tahun ini 1.722 ekor,” kata Kepala Bidang Peternakan Distanakbun Aceh Tamiang Yunus di Aceh Tamiang, Senin.

Dalam menyambut Idul Adha dan tradisi meugang, menurut dia, banyak masyarakat yang jauh hari sudah membeli hewan ternak ke pasar hewan atau langsung ke peternak, agar bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah.

“Ada yang cari sapi untuk kurban, ada juga untuk disembelih pada hari meugang Idul Adha 1444 Hijriah,” kata dia.

Distanakbun Aceh Tamiang mencatat persediaan ternak sapi hingga unggas untuk menyambut meugang di Aceh Tamiang pada 27-28 Juni 2023, meliputi sapi jantan 381 ekor, sapi betina produktif 10 ekor, dan sapi betina tidak produktif 45 ekor.

Persediaan kambing jantan 38 ekor, kambing betina produktif 17 ekor, unggas ayam ras 21.364 ekor, serta ayam buras dan itik 2.673 ekor.

Perkiraan harga daging sapi Rp130 ribu-Rp150 ribu per kilogram, daging kambing Rp90 ribu per kilogram, dan unggas ayam ras Rp45 ribu-Rp65 ribu per kilogram.

Sebelumnya, Petugas Penanggungjawab Lapangan Pasar Hewan Adi Wijaya mengatakan penjualan ternak pada hari pekan Pasar Hewan setempat sapi 164 ekor dan kambing 58 ekor.

“Dari 164 ekor sapi yang terjual 70 persen adalah sapi betina dan jantan muda, kemudian 30 persen lagi sapi jantan kurban. Untuk kambing atau domba enggak bisa kita prediksi karena mereka bertransaksi langsung sesama agen kambing,” ujar dia.

Dia mengatakan jual beli sapi sepekan menjelang Idul Adha justru sedikit mengalami penurunan dibandingkan dengan penjualan pada medio Juni 2023 yang mencapai 170 ekor sapi. Padahal pedagang datang dari berbagai daerah di Aceh.

“Untuk wilayah barat dari Banda Aceh dan wilayah timur Aceh Singkil datang ke mari, sedangkan untuk luar Aceh paling jauh dari Lubuk Pakam hingga Kisaran, Sumatera Utara,” ujarnya.

Ia mengatakan harga sapi jantan dari pelelangan Pasar Hewan Manyak Payed tersebut bervariasi antara Rp13 juta-Rp15 juta per ekor.

“Untuk sapi kurban sudah dua minggu yang lalu mereka borong, karena kalau beli sudah dekat Idul Adha pasti mahal lah,” ujarnya.

Shares: