News

Perusahaan di Jepang ubah kotoran sapi jadi bahan bakar roket

Perusahaan di Jepang ubah kotoran sapi jadi bahan bakar roket
Seorang pelopor petani muda Radthya Muhammad, mengolah pupuk organik di Pabrik Pupuk Indra, Desa Panyingkiran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (13/2/2021). Para petani muda memanfaatkan limbah kotoran kandang sapi, serbuk kelapa, dan sisa pembakaran kayu untuk dijadikan pupuk organik guna membantu para petani menyuburkan lahan pertanian sekaligus, agar tidak ketergantungan pada pupuk kimia. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/hp. (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI)

POPULARITAS.COM – Perusahaan Air Water Inc, akan produksi bahan bakar roket yang berasal dari kotoran sapi. Dikutip dari laman Antara (19/9/2023), uji coba akan dilangsungkan pada musim gugur mendatang.

Proses pembuatan bahan bakar tersebut, yakni mengubah biometana yang berasal dari kotoran sapi. Selanjutnya, cairan itu dimasukkan dalam roket buatan perusahaan perintis luar angkasa di Jepang.

Air Water aktif terlibat dalam produksi cairan biometana di Pulau Hokkaido sejak 2021.

Proses inovatif tersebut menggunakan fermentasi kotoran dan urine di sebuah pabrik khusus yang berlokasi di peternakan sapi di Kota Taiki.

Selanjutnya, biogas yang dihasilkan di pabrik itu dibawa ke sebuah pabrik di Obihiro.

Di sana, kemudian dilakukan proses yang cermat untuk memisahkan metana dari produk dan setelah itu dilakukan proses pendinginan untuk mengubahnya menjadi biometana cair.

Solusi ini berpotensi merevolusi pengelolaan limbah bagi kalangan peternak sapi dan pemanfaatan bahan bakar terbarukan di sektor penerbangan ruang angkasa.

Editor : Hendro Saky

Shares: