News

Pesawat militer Cina kirim bantuan ke Afghanistan

Pesawat militer Cina kirim bantuan ke Afghanistan
Pesawat militer Cina kirim bantuan ke Afghanistan
Usai bencana gempa bumi di Afghanistan, pemerintahan China memutuskan akan memberikan bantuan kemanusiaan darurat senilai 50 juta yuan (1 yuan = Rp2.211) untuk Afghanistan, kata seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China pada Sabtu (25/6/2022). ANTARA/Xinhua/aa.

POPULARITAS.COM – Paket bantuan kemanusiaan terakhir Cina dikirimkan ke Afghanistan dengan menggunakan pesawat militer jenis Y-20 pada Kamis (7/7/2022).

Bantuan terakhir tersebut terkirim setelah Cina memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai dan barang yang totalnya mencapai 54 juta yuan (Rp120,5 miliar) untuk bencana gempa bumi di Afghanistan, demikian Kementerian Luar Negeri Cina (MFA) di Beijing.

Selain menggunakan enam unit pesawat angkut militer Y-20, bantuan Cina tersebut juga diangkut ke Afghanistan dengan menggunakan empat unit pesawat carter komersial.

“Sahabat-sahabat dari Afghanistan pernah berkata, Cina selalu dapat diandalkan dan bisa dipercaya,” kata juru bicara MFA Zhao Lijian.

Ia menyatakan bahwa Cina merupakan salah satu negara yang paling banyak memberikan bantuan dengan cepat ke Afghanistan, termasuk bantuan terakhir yang dikirimkan pada Kamis ini.

“Selanjutnya pemerintah dan rakyat Cina akan memberikan bantuan rekonstruksi pascabencana, termasuk pencegahan dan mitigasi bencana, untuk mendukung Afghanistan dalam merealisasikan stabilitas pembangunan sesegera mungkin,” ujarnya.

Shares: