Internasional

Pezeshkian dan Jalili masuk putaran dua Pilpres Iran

Pezeshkian dan Jalili masuk putaran dua Pilpres Iran

POPULARITAS.COM – Hasil Pemilihan Presiden Iran 2024, akan dilanjutkan ke putaran kedua. Hal tersebut dikarenakan, tidak ada satu dari semua kandidat yang berhasil meraih suara 50 persen. Karna itu, dua calon presiden yang berhak maju ke tahap dua adalah Massoud Pezeskhian dan Saed Jalili.

Lewat pemungutan suara yang berlangsung pada 28 Juni 2024, Pezeskhian raih 10,4 juta suara, sementara Jalili 9,4 juta suara. Pemilihan umum di Iran diikuti oleh 61 juta warga yang berhak memilih.

Pemilihan diselenggarakan di 58.640 TPS di seluruh Iran dan 344 TPS luar negeri. Hasil sementara, dari 24,5 juta suara sah yang masuk, Pezeskhian dan Jalili dinyatakan KPU negara itu masuk ke putaran dua.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Iran, Mohsen Eslami dalam keterangan persnya, Sabtu (29/6/2024) di Teheran.

Sementara itu, kandidat lainnya, yakni Ketua Parlemen Iran Mohammad Bagher Qalibaf dan mantan menteri kehakiman Mostaf Pourmohammadi gugur dalam pilpres karena hanya mendapat masing-masing 3.383.340 dan 206.397 suara.

Sementara, dua capres lainnya, Amirhossein Ghazizadeh Hashemi and Alireza Zakani mengundurkan diri sebelum pemilihan berlangsung.

Pada 19 Mei 2024, Presiden Ibrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, dan sejumlah pejabat lainnya tewas ketika helikopter yang mereka tumpangi jatuh di daerah Varzaqan, Provinsi Azerbaijan Timur di Iran utara.

Shares: