News

Pidie Jaya diganjar penghargaan oleh gubernur Aceh

Kadis DPMG Pidie Jaya, Hasbi (kiri) saat menerima penghargaan sebagai daerah tercepat pertama dalam penyaluran DD 2021, Selasa (28/6/2022). FOTO: Ist

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya, menerima penghargaan dari gubernur Aceh atas prestasi kerja dalam hal pencairan dana desa (DD) tercepat pertama tahun 2021.

Dalam catatan Provinsi Aceh, Kabupaten Pidie Jaya menduduki peringkat wahid dalam hal pencairan DD tahun 2021, mengungguli 22 kabupaten kota lainnya.

Penyerahan penghargaan itu dari gubernur Aceh itu diterima oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Pidie Jaya yang mewakili Bupati Aiyub Abbas, Selasa (28/6/2022).

Tidak hanya itu, DPMG Pidie Jaya juga diganjar penghargaan atas dukungan serta memfasilitasi dalam mempercepat penyaluran dana desa tersebut.

Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi mengaku bangga atas prestasi yang diraih daerah setempat sebagai kabupaten pertama tercepat penyaluran DD 2021.

Penghargaan tersebut, kata Said, tidak terlepas dari peran aktif dan kerja sama seluruh tim, mulai dari Tenaga Ahli (TA) desa, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa (PLD) serta dinas terkait dalam mendapingi desa.

“Alhamdulillah. Terutama sekali berkat kerjasama dan keseriusan kerja baik dari tim pendamping desa, Tenaga Ahli, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, yang secara rutin kita melakukan pertemuan baik dengan pemerintah dan DPMG yang selalu mengawal baik mulai dari perencanaan, pengawasan dan penyaluran dana desa, serta keseriusan dari aparatur desa, sehingga Pidie Jaya, kembali mencetak rekor tercepat tuntas penyaluran dana desa tahun 2021,” kata Said Mulyadi.

Jelasnya, saban pertemuan dengan perangkat gampong maupun dinas serta seluruh stakeholder dana desa, dirinya selalu mewanti-wanti untuk bekerja dengan penuh totalitas serta memedomani aturan-aturan yang ada dalam hal kebutuhan anggaran gampong.

“Sehingga dengan ketertiban admistrasi keuangan desa sudah baik, akan mudah disalurkan tepat sasaran dan sesuai jadwal yang ditentukan,” jelasnya.

Kendati telah memperoleh penghargaan sebagai daerah tercepat pertama penyaluran DD 2021, pria yang kerap disapa Waled itu mengharapkan seluruh stakeholder tidak terpana, namun tetap bekerja secara maksimal untuk dapat mempertahankan prestasi tersebut.

Selain itu, Waled juga berpesan penyaluran serta penggunaan dana desa haruslah tetap sasaran, t

“Kondisi yang sudah ada ini untuk dapat dipertahankan di tahun-tahun yang akan datang. Yang terpenting adalah, bukan hanya dapat menyalurkan dan menghabiskan anggaran, tetapi tepat sasaran dan tidak ada hal-hal yang bertentangan dengan ketentuan hukum yang harus selalu diperhatikan dengan serius,” pesannya.

Pada momen itu, orang nomor dua di Pidie Jaya itu juga memerintahkan DPMG setempat untuk terus memberikan penyuluhan, pembinaan serta pendampingan dalam penggunaan dana desa

“Saya rasa jika kita terus melakukan pengawasan, pendampingan serta pembinaan dengan baik, Insya Allah dapat berjalan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas DPMG Pidie Jaya, Hasbi menyebutkan, reward yang diperoleh tersebut menjadi pemicu pihaknya untuk terus mempertahankan dan berkomitmen mengawal serta mendukung dan memfasilitasi desa di Pidie Jaya lebih baik lagi.

Bahkan tambah Hasbi, saat ini Kabupaten Pidie Jaya, masuk dalam 10 besar atau nomor urut ke enam secara nasional kabupaten yang tercepat penyaluran dana desa.

Tak hanya itu saja, pada tahun 2022 ini, Pidie Jaya juga masih menjadi daerah peringkat pertama yang telah tuntas menyalurkan dana desa tahap I dan II.

“Sampai saat ini sudah 112 desa yang telah mencairkan dana desa tahap III tahun anggaran 2022. Insya Allah bulan Juli sebanyak 222 desa tuntas mencairkan dana desa seluruhnya. Dan ini sebagai upaya kita mempertahankan penghargaan ini,” ungkap dia.

Shares: