News

Pidie Jaya sepakati anggaran Pilkada Rp 22 miliar

Sekda Pidie Jaya ditunjuk sebagai penjabat bupati, Senin dilantik
Sekda Pidie Jaya, Jailani Beuramat. Foto: Humas Pidie Jaya

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya telah menyepakati anggaran untuk suksesi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) setempat tahun 2024 sebesar Rp 22 miliar.

Awalnya total anggaran yang diusulkan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya untuk menyukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati itu adalah sebesar 31,5 miliar.

Usai dilakukan pembahasan antara Pemerintah Kabupaten dengan KIP setempat, besaran yang disepakati adalah sejumlah Rp 22 miliar.

“Anggaran untuk menyukseskan Pilkada telah disepakati Rp 22 miliar,” kata Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Pidie Jaya, Jailani Beuramat kepada popularitas.com, Jumat (3/11/2023).

Bahkan pihaknya telah mengalokasi anggaran sebesar 40 persen dari total keperluan dana Pilkada yang telah disepakati itu di dalam APBK Perubahan Pidie Jaya tahu 2023.

“Yang sudah dianggarkan dalam APBK Perubahan Rp 88 miliar atau 40 persen sesuai dari kebutuhan,” kata Jailani Beuramat.

Sedangkan untuk sisa dana untuk suksesi pesta demokrasi itu akan kembali dianggarkan di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Pidie Jaya tahun 2024.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya mengusulkan anggaran pelaksanaan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) setempat tahun 2024 sebesar Rp 31,5 miliar.

Sumber anggaran untuk suksesi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya secara langsung untuk yang keempat kali sejak menjadi daerah otonom baru pada 2007 silam bersumber APBK setempat.

Pemungutan suara pemilihan kepala daerah serentak secara nasional dijadwalkan akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

Shares: