News

Pilchiksung Serentak di Aceh Besar, Warga Tampak Antusias

JANTHO (popularitas.com) – Masyarakat Gampong Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar, melakukan Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) atau pemilihan kepala desa, hari ini, Senin 5 Agustus 2019.

Pantauan popularitas.com, Pilchiksung dilakukan di halaman kantor keuchik setempat yang terletak di area kompleks masjid Al-Magfirah, Kajhu. Warga mulai mendatangi tempat pemilihan Keuchik tersebut dari pukul 08.00 WIB.

Di Gampong Kajhu, terdapat dua calon keuchik yang dipilih secara langsung oleh warga. Diantaranya, Khairizal (nomor urut 1) dan Mujiburrahman (nomor urut 2)

Sementara itu, ratusan warga Gampong Baet, juga tampak memadati halaman mushala gampong setempat yang berdiri persis di pinggir jalan.

Warga berdatangan ke sana untuk memberikan hak suaranya pada Pilchiksung serentak 2019 ini.

Tetangga Gampong Baet, Gampong Cadek juga menggelar Pilchiksung di lokasi mushala gampong.

Untuk dapat memberikan hak suaranya di Pilchiksung, para pemilih diwajibkan membawa E-KTP atau Kartu Keluarga.

Salah seorang warga Gampong Kajhu, Usman (45) mengatakan, Pilchiksung ini menyedot banyak perhatian warga. Pesta demokrasi di tingkat gampong ini, katanya, tak kalah jauh dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang baru usai beberapa bulan lalu.

“Panas persaingannya. Sudah seperti Pilpres. Tapi kalau saya lihat, warga sangat antusias di pemilihan serentak keuchik ini,” katanya.

Rencananya, usai pemungutan suara, Pilchiksung di Kecamatan Baitussalam, akan langsung dilakukan penghitungan suara pukul 14.00 WIB sampai selesai.

Sementara itu, Juru bicara Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, Syukri Rahmat, mengatakan Pilchiksung serentak tersebut hanya menyisakan satu kecamatan, yaitu Kecamatan Leupung yang tidak melaksanakan Pilchiksung.

Selebihnya, 171 gampong dalam 22 Kecamatan di Aceh Besar mengadakan Pilchiksung serentak. (ASM)

Shares: