Pileg dan Pilpres 2019

Pileg DPRA 2019: PKB Kejar PA Tinggalkan Demokrat

BANDA ACEH (popularitas.com) – Proses rekapitulasi surat suara yang masuk terus dilakukan pihak penyelenggara di masing-masing daerah. Baik mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten di Aceh.

Dari hasil rekap tersebut mulai terlihat beberapa partai yang mendominasi perolehan suara di Pemilu Legislatif 2019 ini. Di antaranya Partai Aceh, Partai Nanggroe Aceh, Partai Demokrat, Partai Gerindra, PKB, PAN, NasDem, dan tentu saja Golkar.

Hingga Sabtu, 20 April 2019, hasil rekapitulasi suara Pemilu Legislatif 2019 di Aceh memperlihatkan Partai Aceh masih berada di puncak teratas perolehan suara sementara. Partai lokal yang dipimpin Muzakir Manaf tersebut hingga pukul 11.15 WIB tadi sudah mengantongi 15,21 % suara dari 331 TPS yang masuk.

Sementara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menunjukkan grafik menarik pada Sabtu ini. PKB berhasil memperoleh 12.61% suara sekaligus mengalahkan raihan Demokrat yang baru mencapai 11,99%.

Berdasarkan rekapitulasi KPU di sistem hitung (situng) tersebut diketahui PKB memperoleh suara besar dari Daerah Pemilihan Aceh 4 dan Dapil 9. Untuk Partai Demokrat memperoleh suara terbanyak di Dapil 10 dan Dapil 9.

Partai Aceh yang berada di posisi teratas perolehan suara sementara terlihat kurang diminati di Dapil Aceh 7 dan Dapil Aceh 3.

PDI Perjuangan yang mengklaim diri sebagai partai pemenang nasional berdasarkan quick count justru masih berada di posisi 2.01 %. Demikian juga PKS. Partai berideologi Islam tersebut belum terlihat menunjukkan hasil memuaskan di Pileg 2019, di Aceh. Berdasarkan situng diketahui PKS saat ini baru meraih 4,51 % suara atau sedikit lebih banyak dibandingkan PPP yang mendapat 4,35 %, dan jauh di bawah NasDem yang memperoleh 5%.* (BNA)

Shares: