News

Pj Gubernur Aceh ajak masyarakat perkokoh nilai Pancasila dalam bernegara

Pj Gubernur Aceh ajak masyarakat perkokoh nilai Pancasila dalam bernegara
Asisten III Sekda Aceh, Iskandar menjadi inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Gubernur Aceh di Banda Aceh, Kamis (1/6/2023). FOTO : Humas Aceh

POPULARITAS.COM – Nilai-nilai yang terkandung dalam dasar negara Pancasila, sangat penting diterapkan dan praktekkan dalam sendi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Sebab hal tersebut harus kita kokohkan bersama penerapannya di daerah ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki dalam sambutannya yang di bacakan oleh Asisten III Setda Aceh pada upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Gubernur Aceh, Kamis (1/6/2023) di Banda Aceh.

Peringatan hari lahir Pancasila tentu saja tidak dimaknai dalam bentuk upacara semata. Tapi harus benar-benar menjadi nafas kehidupan seluruh warga negara Indonesia.

Ia menjelaskan pada era globalisasi dan interaksi antar belahan dunia membuat semua harus waspada terhadap meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi.

“Jika kita tidak memperkuat diri dengan nilai-nilai kebangsaan sebagaimana yang diamanatkan di dalam Pancasila, maka sudah pasti kebebasan tidak terkendali akan melanda negeri dan budaya akan tergerus, karena masyarakat akan lebih banyak berpikir secara individualistis yang intinya hanya memikirkan diri sendiri,” katanya.

Karena itu, menurutnya, Pancasila harus senantiasa menjadi pegangan, sebab di dalamnya tidak hanya terkandung tradisi dan nilai-nilai budaya, tapi juga nilai-nilai agama.

“Kami mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh masyarakat untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan, terutama dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada,” katanya.

Ia menambahkan di dalam Pancasila juga termaktub dengan jelas tentang keadilan, kebersamaan, nilai-nilai tradisi, norma kehidupan, dan semangat saling menghargai.

Editor : Hendro Saky

Shares: