Insfrastruktur

Pj Gubernur Bustami Hamzah dukung percepatan penyelesaian ruas tol Sigli-Banda Aceh dan Binjai-Langsa

Pj Gubernur Bustami Hamzah dukung percepatan penyelesaian ruas tol Sigli-Banda Aceh dan Binjai-Langsa
Pj. Gubernur Aceh Bustamu Hamzah menerima audiensi ketua tim perencanaan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tanah Wilayah II, subdit pengadaan tanah jalan bebas hambatan kementerian PUPR bersama PT. Hutama karya di ruang rapat Gubernur Aceh. Jum’at (22/3/2024) FOTO : Humas Aceh

 

POPULARITAS.COM – Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah, tegaskan komitmennya untuk penuntasan dan percepatan penyelesaian pembangunan ruas jalan tol Sigli-Banda Aceh dan Binjai Langsa II.

Hal tersebut disampaikan Busami Hamzah saat menerima kunjungan Ketua Tim Perencanaan dan Evaluasi Pelaksanaan Tanah Wilayah II, Subdit Pengadaan tanah dan jalan bebas hambatan Kementrian PUPR bersama dengan PT Hutama karya di ruang kerja Kantor Gubernur Aceh, Jumat (22/3/2024).

Lewat pertemuan itu, Bustami menegaskan komitmen untuk percepatan penuntasan tanah bagi kegiatan pembangunan ruas jalan tol Sibanceh dan Binjai Langsa seksi II.

“Harapan kita, ruas jalan ini bisa tuntas pada Agustus 2024 mendatang,” katanya.

Dia menyebutkan, jika dua ruas jalan ini tuntas, maka nantinya akan sangat mendukung dan bisa dimanfaatkan untuk suksesnya PON 2024 di Aceh.

“Harapan kita nanti jika selesai bisa diresmikan Bapak Presiden Jokowi,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubermur juga menyerahkan dokumen yang disiapkan Pemerintah Aceh tentang penetapan lokasi (penlok) pembaharuan untuk ruas jalan tol Binjai-Langsa  II. 

Sebelumnya, Kepala Satker Pengadaan Tanah Jalan Tol Wilayah II Kementerian PUPR, Agung Sapto, melaporkan pengadaan lahan untuk ruas jalan tol Binjai-Langsa masih tersisa 3 kilometer lagi dari total 44 kilometer. 

Sementara pengadaan lahan untuk tol Sigli-Banda Aceh progressnya saat ini mencapai 99 persen, hanya menyisakan 37 bidang yang tesebar di seksi 1 Padang Tiji-Seulimum. 

Selain itu, juga diperlukan penambahan lahan seluas 112 Hektar untuk penambahan badan jalan dan akses pintu tol. “Terkait kebutuhan pengadaan lahan tambahan untuk jalan tol Sigli-Banda Aceh perlu penyiapan dokumen penetapan lokasi tambahan dan pembaharuan dari Pemerintah Aceh,” kata Agung. 

Agung berharap, Pemerintah Aceh dapat mempercepat proses penyelesaian pengadaan tanah untuk ruas tol Sigli-Banda Aceh dan Binjai-Langsa II.

Shares: