HeadlineWisata

Grand Canyon Aceh ada di Pidie, Yuk kunjungi dan nikmati keindahannya

Kawasan wisata Jeuringie di Pidie

POPULARITAS.COM – Sebagian pelancong mungkin pernah mendengar salah satu wisata Grand Canyon yang terkenal di Utara Arizona di Amerika Serikat. Ngarai menjulang tinggi dan mengaliri Sungai Colorado, menjadikan kawasan itu destinasi wisata terkenal di dunia. Bahkan, ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Nah, di Aceh juga terdapat kawasan wisata yang mirip-mirip Grand Canyon. Ya, tempat tersebut bernama Tui Jeuringie. Lokasinya di Kabupaten Pidie, salah satu daerah provinsi ujung barat Sumatra itu. Untuk mencapai kawasan ini, tidak kurang perjalanan tiga jam dari pusat ibukota di Banda Aceh.

Jika berkunjung ke kawasan ini, anda akan disuguhkan pemandangan alam luar nan Indah. Gugusan sungai yang diapit tebing-tebing tinggi, menjadikan lokasi tersebut sungguh mirip Grand Canyon.

Tui Jeuringie berada di Padang Tiji, salah satu kecamatan di Pidie. Untuk mencapai lokasi ini, membutuhkan 20 menit perjalanan dengan menggunakan kenderaan roda dua atau roda empat dari pusat pemerintahan kabupaten.

Tui Jeuringie berbentuk sungai dengan diapit tebing dan bebatuan serta dihiasj pepohonan yang kian memperindah lokasi destinasi wisata alam yang di miliki Kabupaten Pidie itu.

Ada jalur yang memudah pelancong untuk dapat menikmati indahnya Tui Jeuringie itu dengan mengikuti jalan menuju waduk Rajui. Pasalnya lokasi antar keduanya tidaklah terlalu jauh.

Bagi para pecinta wasata alam sudah pernah ke Tui Jeuringei,? kalau belum yuk ke sana dan ajak kawan-kawan untuk sama-sama menikmati indahnya destinasi wisata tersebut.

Salah satu sudut pemandangan Tui Jeuringie di Pidie

Zahri, salah satu pelancong yang dijumpai dilokasi wisata itu mengatakan bahwa, dirinya sangat menyukai berkunjung ke kawasan ini. Menurutnya, ditempat ini dirinya disuguhkan banyak pemandanga, ada sungai, tebing, dan bahkan hutan yang asri. “Air sungainya juga jernih. Jikapun ingin berfoto banyak sekali spot yang bisa diabadikan,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pidie, Edy Saputra mengatakan, pihaknya telah melakukan inventarisir lokasi-lokasi destinasi wisata menawan yang dimiliki wilayah setempat. “Tui Jeuringie sangat lah indah. Apalagi dalam perjalanan ke lokasi, traveler juga bakal disuguhi pemandangan alam dari ketinggian 100 Mdpl. Keren banget kan,” jelas Kadisparpora Pidie Edy Saputra, Kamis (21/3/2024).

Tidak akan muncul kejenuhan bagi wisatawan saat menempuh perjalanan menuju Tui Jeuringie. Soalnya sisi kiri dan kanan jalan jalur dikelilingi hutan produksi. Ada berbagai tanaman yang mempercantik rute lokasi wisata alam tersebut.

Melihat prospek yang memiliki Tuie Jeuringei itu, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pidie memastikan lokasi tersebut merupakan daerah objek wisata yang harus dikembangkan. “Secara aspek pelayanan umum seperti jalan dan pemukiman penduduk, Tui Jeuringei sangat cocok sebagai tempat wisata alam untuk keluarga,” ujarnya.

Nah, bagi para pelancong, Tui Jeuringei wajib dimasukkan sebagai salah satu spot untuk didatangi jika berpergian ke Aceh.

Shares: