Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

PKA ke-VIII targetkan 4 juta kunjungan dan diikuti 15 negara

PKA ke-VIII targetkan 4 juta kunjungan dan diikuti 15 negara
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisita Aceh Almunizal Kamal, saat memberikan paparan para rapat kordinasi persiapan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-VIII. Acara tersebut berlangsung di aula serba guna Kantor Gubernur Aceh, Selasa (14/3/2023). PKA ke-VIII sendiri, akan dilangsungkan pada 19-27 Agustus 2023. FOTO : Disbudpar Aceh

POPULARITAS.COM – Even Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-VIII tahun 2023 yang akan berlangsung pada 19-27 Agustus mendatang, ditargetkan mencapai 4 juta jumlah kunjungan, serta diikuti oleh 15 negara. Hal tersebut terungkap dari rapat kordinasi persiapan pelaksanaan acara tersebut, di gedung serba guna Kantor Gubernur Aceh, Selasa (14/3/2023).

Dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh Mawardi, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Almunizal Kamal, acara rakor tersebut melibatkan lintas sektoral, dan seluruh pimpinan SKPA.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almunizal Kamal, dalam penjelasan mengatakan, kegiatan rakor yang diselenggarakan hari ini, dimaksudkan untuk perkuat sinergitas intansi lintas sektoral demi suksesnya even PKA ke-VIII.

Selain itu juga, pihaknya ini menyelaraskan ragam program antara instansi vertikal, dan SKPA guna tercapai kolaborasi yang efektif sesuai dengan semangat dan visi PKA, serta penyesuaian berbagai konten.

Almunizal juga menjelaskan, untuk kegiatan PKA 2023 kali ini, kegiatan akan disebar di empat titik, yakni Lapangan Tugu Darussalam, Taman Blang Padang, Taman Safiatuddin, dan Stadion Harapan Bangsa.

Penyebaran lokasi kegiatan tersebut, sambungnya, dimaksudkan untuk mengurai kemacetan, serta kerumunan berlebih. Yang paling utama tentu saja memberikan rasa aman, dan nyaman kepada para pengunjung.

Pihaknya sendiri, terangnya lagi, menargetkan jumlah kunjungan wisatawan, baik lokal, nasional, dan mancanegara pada even itu sebanyak 4 juta orang. Kemudian akan melibatkan sejumlah negara sahabat, seperti Singapura, Malaysia, Oman, India, Amerika Serikat, Brunai, Qatar, Vietnam, China, dan Philipina.

“Harapan saya, sinergitas semua pihak dapat terjadi dengan baik, demi suksesnya acara penting bagi Aceh ini,” tandasnya.

Mewakili Pj Gubernur Aceh, Mawardi menyebutkan dalam pelaksanaan PKA ke VIII dibutuhkan dukungan dari semua pihak lantaran banyak hal yang harus dipersiapkan.  Kata dia, dengan kehadiran seluruh stakeholder merupakan sinergi bersama dalam menyukseskan PKA tahun ini.

“Sudah kita dengarkan masukan serta saran yang diberikan, seperti persiapan sarana dan prasarana (transportasi) kemudian pengamanan, serta penyambutan tamu dari nasional maupun internasional yang akan kita bahas secara teknis,” sebut Mawardi.

Selain itu, Mawardi juga menyampaikan anjungan yang akan ditampilkan nantinya menjadi tanggung jawab dari setiap kabupaten/kota dari daerah masing-masing. Oleh sebab itu perlu keseriusan dalam melakukan renovasi. 

Shares: