NewsPolitik

PKS daftarkan 81 bacaleg DPRA ke KIP Aceh

PKS partai pertama mendaftar bacaleg, targekan 11 kursi di DPRA
Penyerahan berkas pendaftaran bacaleg PKS di kantor KIP Aceh, Senin (8/5/2023). Foto: Riska Z/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendaftarkan 81 bakal calon legislatif (bacaleg) DPRA ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh di Banda Aceh pada Senin (8/5/2022).

Amatan popularitas.com, partai politik tersebut mendatangi ke KIP Aceh sekitar pukul 10.45 WIB dengan arak-arakan rapai dan serune kale.

Ketua umum PKS, Makhyaruddin Yusuf menyebutkan pihaknya mendaftarkan sebanyak 81 kader PKS dari 10 daerah pemilihan (dapil). Hal itu sesuai dengan 100 persen dari kuota untuk DPR Aceh dan DPRK seluruh Aceh untuk mengikuti pesta demokrasi 2024 mendatang.

“Yang kita daftarkan tentu sesuai dengan kuota 81 orang, sehingga kita tidak rugi dengan kuota yang telah di kasih,” kata Makhyaruddin.

Ia juga menyampaikan alasan mendaftar pada tanggal 8 agar sesuai dengan nomor urut 8 secara nasional. Bahkan partai politik PKS menjadi partai pertama yang mendaftarkan ke KIP Aceh.

“Kami memang merencanakan pemilihan tanggal 8 ini karena sesuai dengan nomor urut dan ini menjadi semangat kami untuk menyukseskan pemilu dan siap meraih hasil yang maksimal,” ujarnya.

Adapun ke 81 kader dari 10 dapil dengan rincian dapil 1 ada 11 orang, dapil 2 ada sembilan orang, dapil 3 ada tujuh orang, dapil 4 ada enam orang, dapil 5 ada 12 orang, dapil 6 ada enam orang, dapil 7 ada tujuh orang, dapil 8 ada lima orang, dapil 9 ada sembilan orang, dan dapil 10 ada sembilan orang.

Kemudian ia juga menyampaikan, pihaknya juga mengedepankan keterwakilan perempuan. Bahkan di sebagian dapil menempatkan perempuan pada nomor umur satu.

“Kemudian ada juga kami tempatkan nomor urut satu dari kalangan milenial usia 24 tahun,” pungkasnya.

Shares: