EkonomiNews

Plt Gubernur Sampaikan RAPBA 2020

Juru bicara Pansus Dapil 1, Musannif, saat menyerahkan hasil kunjungan kerja kepada Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

BANDA ACEH (popularitas.com) – Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (RAPBA) 2020 ke DPR Aceh, dalam agenda Penyampaian Nota Keuangan dan Rancangan Qanun Aceh tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh Tahun 2020,Kamis, 19 September 2019.

Dalam anggaran RAPBA tahun 2020 itu, difokuskan untuk penyelenggaraan urusan wajib dan urusan pilihan dengan memperhatikan skala prioritas berdasarkan 6 prioritas RKPA Tahun 2020 yang telah diselaraskan dengan 15 program unggulan Gubernur Aceh.

Untuk pendidikan dan kesehatan, kata Nova tetap berpedoman pada kebijakan Pemerintah dengan alokasi dana pendidikan sebesar 20 persen dari total APBA tahun 2020. Kemudian alokasi untuk urusan kesehatan sebesar 10 persen.

“Sehingga alokasi anggaran belanja Aceh Tahun Anggaran 2020 direncanakan sebesar Rp17,2 Triliun atau mengalami peningkatan sebesar 1,01 persen dari tahun anggaran sebelumnya sebesar Rp17,1 triliun,” kata Nova Iriansyah.

Nova juga menyebutkan, pendapatan Aceh yang dialokasikan dalam RAPBA Tahun 2020, berasal dari tiga sumber penerimaan, yaitu, pendapatan asli Aceh, dana perimbangan dan lain-lain pendapatan Aceh yang sah.

Sementara itu, alokasi anggaran belanja Tahun 2020 dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan yang benar-benar mendesak, bermanfaat dan berdampak secara riil terhadap peningkatan pembangunan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Nova juga meminta agar anggota DPR Aceh mencermati semua program dan kegiatan dalam sidang paripurna. “Sehingga apa yang akan kita setujui bersama benar-benar bermanfaat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh,” ujarnya. [DRA]

Shares: