News

PM James Marape sambut Presiden Jokowi di Papua Nugini

Presiden RI Joko Widodo disambut oleh Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape saat tiba di Bandara International Jacksons, Port Moresby, Papua Nugini, Rabu (5/7/2023). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

POPULARITAS.COM – Presiden RI Joko Widodo beserta rombongan tiba di Bandara International Jacksons, Port Moresby, Papua Nugini, dan disambut langsung oleh Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape pada Rabu (5/7/2023).

Berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Rabu (5/7/2023), PM James Marape menyambut langsung kedatangan Presiden Jokowi yang baru saja menyelesaikan kunjungan kerja di Australia pada 3-4 Juli 2023.

PM Marape pun memperkenalkan para penyambut dari delegasi Papua Nugini yakni Menteri Acara Kenegaraan Justin Tkachenko, Gubernur Ibu Kota Negara Powes Parkop, Kepala Sekretariat Departemen Pemerintahan Kantor PM dan NEC Ivan Pomaleu, Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri Elias Wohengu, dan Panglima Angkatan Bersenjata Mayor Jenderal Mark Goina.

Sementara itu dari pihak Indonesia, nampak menyambut kedatangan Kepala Negara yaitu Duta Besar RI untuk Papua Nugini Andriana Supandy dan Atase Pertahanan KBRI Port Moresby Kolonel Inf Piter Dwi Ardianto.

Usai perkenalan, kedua pemimpin menuju panggung kehormatan dengan iringan dentuman meriam untuk kemudian mendengarkan lagu kebangsaan.

PM Marape kemudian mempersilakan Presiden Jokowi untuk melakukan pemeriksaan pasukan jajar kehormatan.

Setelah itu, Presiden Jokowi bersama PM Marape berdiri di panggung kehormatan untuk kembali mendengarkan lagu kebangsaan dari kedua negara.

Usai menjalani upacara penyambutan yang berlangsung sekitar 30 menit, Presiden Joko Widodo kemudian menyaksikan tarian ‘Hiri Motu’ sebelum menuju mobil untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.

Shares: