News

PM Jepang Fumio Kishida di lempar bom, pelaku ditangkap polisi

Sisa bom meledak di Markas Brimob Polda Jawa Timur
Ilustrasi - Bom bunuh diri. ANTARA/Ardika/pri.

POPULARITAS.COM – Seorang pria diperkirakan usia 24 tahun ditangkap otoritas kepolisian Jepang. Ia diamankan usai melempar bom asap di kepada Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida, Sabtu (15/4/2023).

Sekretaris Kabinet untuk urusan publik Noriyuki Shikata, dalam cuitan twitternya dikutip dari laman Antara menerangkan, pria pelaku pelempar bom telah ditangkap, dan PM Kishida di evakuasi dari lokasi tanpa terluka usai kejadian tersebut.

Pelemparan bom itu sendiri terjadi di Pelabuhan Wakayama Jepang. Saat itu, PM Kishida sedag menyampaikan pidato kampanyenya di daerah tersebut.

Namun, pihak berwenang mengatakan bahwa salah satu petugas kepolisian mendapati cedera ringan akibat insiden itu.

Shikata tidak menjelaskan lebih lanjut terkait tersangka pengeboman. Menurut kantor berita Kyodo, tersangka pria itu melemparkan benda berbentuk silinder yang meledak keras ke dekat Kishida yang berpidato dan langsung membuat orang-orang panik melarikan diri.

Kishida langsung dievakuasi setelah terdengar ledakan dan meninggalkan kota tersebut, menurut NHK yang mengutip sejumlah sumber.

Insiden pengeboman itu terjadi sekitar sembilan bulan setelah pendahulu Kishida, Shinzo Abe, tewas dibunuh saat berpidato di Kota Nara, Jepang selatan dalam rangka kampanye pemilu.

Shares: