Polisi berpakaian preman kawal Ayah Merin menuju Bandara SIM

POPULARITAS.COM – Sejumlah mobil dengan penumpang polisi berpostur tegap dan berpakaian preman mengawal minibus yang dinaiki Izil Azhar alias Ayah Merin saat tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa bekas petinggi GAM itu menuju Bandara SIM, Aceh Besar, Rabu (25/1/2023).

Dilansir dari Antara, tersangka korupsi yang selama ini masuk daftar pencarian orang (DPO) itu dibawa ke Bandara SIM untuk selanjutnya diterbangkan ke Jakarta.

Amatan di Mapolda Aceh, Rabu (25/1/2023), Ayah Merin dinaikan ke minibus dengan pengawalan ketat. Minibus ini kemudian membawa tersangka korupsi dalam kasus gratifikasi melibatkan Irwandi Yusuf, Gubernur Aceh 2007-2012 dan 2017-2020 itu, melaju keluar Mapolda Aceh.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto mengatakan Ayah Merin ditangkap dan ditahan di Mapolda Aceh sebelum diterbangkan ke Jakarta.

“DPO KPK yang ditangkap tersebut Izil Azhar alias Ayah Merin. Yang bersangkutan ditangkap di kawasan Simpang Lima. Kota Banda Aceh, Selasa (24/1),” kata Joko Krisdiyanto.

Penangkapan tersebut sesuai dengan surat permintaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia ke Polri.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan Izil Azhar alias Ayah Merin merupakan tersangka kasus tindak pidana korupsi gratifikasi dan sudah masuk daftar buronan sejak 2018.

“Benar, dengan bantuan tim Polda Aceh, tim KPK menangkap DPO atas nama Izil Azhar. Izil Azhar masuk daftar pencarian orang atau DPO KPK sejak 30 November 2018,” kata Ali Fikri.

Ali mengapresiasi Polda Aceh yang membantu mencari dan menangkap Izil Azhar alias Ayah Merin, Yang bersangkutan rencananya segera dibawa ke Jakarta.

Izil Azhar ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara bersama Irwandi Yusuf, selaku Gubernur Aceh 2007-2012, terkait gratifikasi yang berhubungan dengan jabatannya dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya.

Comments
Loading...